Futra Apresiasi Kinerja Bupati Humbahas, karena Pembangunan Infranstruktur terus Berlanjut

Jalan Dolok Sanggul-Aeklung, persisnya mulai dari Jalan Purba yang menghubungan beberapa Desa tampak sudah diaspal.

Humbahas, Lintangnews.com | Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Rakyat untuk Transparansi Anggaran mengapresiasi kinerja Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor.

Pasalnya, pembangunan infrastruktur yang terus berjalan, meskipun ada beberapa pihak yang menganggap program-program Pemkab Humbahas itu selama ini gagal.

Ketua Futra, Oktavianus Rumahorbo mengatakan, meski program-program itu ada yang menganggap gagal, justru pemerintahan Dosmar Banjarnahor membuktikan pekerjaan untuk membangun perekonomian di Humbahas tak berhenti.

Dia mencontohkan, pembangunan infranstruktur yang dimulai jalan perkotaan hingga pedesaan. “Sejauh yang kita kaji dan amati, kinerja Bupati Dosmar di 2 periode ini berkemajuan. Khususnya dalam pembangunan infrastruktur sudah bisa dikatakan baik,” ungkap Oktavianus, Rabu (24/11/2021).

Contohnya, jalan menuju Purba ( salah satu akses jalan Kabupaten) yang menghubungkan beberapa Desa. Kali ini Pemkab Humbahas tidak melakukan pemeliharaan rutin, namun langsung pengaspalan dengan membuat kegiatan itu menjadi rekontruksi Dolok Sanggul-Aeklung, sehingga perlu diapresiasi.

Menurut Oktavianus, menyasar pada masyarakat pedesaan, sering didapati berita orang sakit yang dipandu berkilometer untuk mencapai fasilitas kesehatan (faskes) seperti Puskesmas.

Kemudian, potret warga yang meniti jembatan tidak layak guna menelusuri setiap papan jembatan dengan berhati-hati kerap kali dijumpai. Sehingga terjadi ketidakpercayaan rakyat pada pemerintah.

Meskipun begitu, harus diakui belum semua merasakan sentuhan berbagai sarana dan prasarana dari pemerintah.

Namun kendati demikian, pemerintah selalu nampak adanya benih perubahan dari segi infrastruktur. Dengan kata lain, pemerintah dipastikannya akan terus berupaya untuk memperbaiki hal-hal yang belum terpenuhi perihal sarana untuk rakyat.

Karena, pembangunan infranstruktur merupakan bagian integral untuk menjadi jumpstart pemulihan ekonomi.

“Saya kira ini mesti kita memberikan apresiasi karena di tengah situasi dan kondisi seperti ini , pemerintah Dosmar masih bisa berkinerja baik. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya selesai,” ujar Oktavianus.

Oktavianus menambahkan, jika seluruh stakeholder di Humbahas memberikan kontribusi, dan kesempatan tentunya akan jauh lebih maju perekonomian. Sehingga penguatan infrastruktur dapat meminimalisir ketidakpercayaan rakyat pada pemerintah.

Namun Oktavianus menyayangkan masih ada dari sikap politik anggota DPRD Humbahas yang tidak mau berkontribusi, namun saling menyalahkan. “Coba seandainya tidak ada kepentingan politik, namun memberikan kontribusi yang sama, saya kira pembangunan ekonomi di Humbahas akan menjadi pesat,” ujarnya.

Lanjut Oktavianus, adanya pemerintahan Dosmar Banjarnahor membangun perekonomian di Humbahas tentunya berdampak positif. Dia mendorong, agar Dosmar terus melakukan dan tak berhenti, sehingga penguatan infrastruktur dapat meminimalisir ketidakpercayaan rakyat pada pemerintah.

Oktavianus juga mengingatkan agar Dosmar harus membenahi transformasi organisasi. Ini mulai kepemimpinan transformasional di setiap lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perubahan peran Sumber Daya Manusia (SDM), karena itu sebagai aset terpenting untuk maju atau tidaknya pembangunan daerah.

“Jadi masih ada transformasi yang perlu dilakukan pembenahan,” ucap Oktavianus mengakhiri. (DS)