Galian C di Desa Sitorus Godang dapat Sebabkan Ispa

Lokasi galian C di Desa Sitorus Godang.

Tobasa, Lintangnews.com | Aktivitas pertambangan galian C tanah uruk di Desa Sitorus Godang meresahkan warga Kecamatan Silaen sekitarnya yang diduga milik oknum anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berinisal TP Silaen.

Dari hasil investigasi awak media di lapangan sesuai keterangan dari operator alat beratnya, jika mereka sudah 1 minggu bekerja di lokasi tersebut.

Dampak dari aktivitas galian C itu mengakibatkan banyak debu, sehingga berpotensi infeksi saluran pernapasan atas (ispa).

Masyarakat Silaen berharap Polres Tobasa segera menindak lanjuti dan bertindak agar nantinya mereka tenang dan tidak ada lagi abu untuk menjaga kesehatan.

Tanggapan keberatan dari aduan masyarakat Silaen melalui Kepala Desa (Kades) Desa Sitorus Godang, B Silaen agar segera menghentikan aktifitas tersebut dalam kurun waktu yang secepatnya.

“Jika memungkinkan segera menyurati pihak Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Tobasa kalau tidak masyarakat langsung yang turun langsung menghentikannya,” kata B Silaen, Rabu (23/1/2019).

Terpisah, saat konfirmasi awak media melalui telepon seluler ke pihak Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Tobasa, Bangun Siagian jika galian C tanah urug atas nama CV Prasella Jaya Utama.

“Terkait izin galian C belum selesai dalam tahap pengurusan,” ungkapnya.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup, Mintar Manurung menuturkan, secepatnya mereka akan segera turun lapangan dan menyurati pemiliknya langsung.

“Setau saya izinnya belum ada sama kita,” sebut Mintar. (asri)