Jalinsum Berlubang Sering Makan Korban, Ini Komentar Plt Sekda Tobasa

Plt Sekda Pemkab Tobasa, Harapan Napitupulu.

Tobasa, Lintangnews.com | Kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang sudah tidak laik dan terlihat banyak badan jalan yang dipenuhi lubang.

Ini menyebabkan banyak pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan lalu lintas (laka lantas), bahkan sampai merenggut nyawa, sehingga mendapat keluhan dari masyarakat pengguna jalan.

Aldi Sirait, salah seorang mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) asal Tobasa mengharapkan pihak Pemkab setempat memberikan usulan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) maupun Pusat, agar membenahi jalan berlubang di Jalinsum.

“Seringnya terjadi tingkat kecelakaan di Jalinsum akibat badan jalan yang dipenuhi lubang, khususnya pengendara sepeda motor, bahkan sampai merenggut nyawa. Kiranya Pemprovsu ataupun Pemerintah Pusat tergugah untuk membenahi,” sebut Aldi, Rabu (23/1/2019).

Ditambahkan Aldi, selain menghindari kecelakaan, juga untuk menambah keindahan di kawasan tujuan wisata kelas dunia itu, jika jalan sudah bagus. Dengan demikian, masyarakat dan yang datang akan tertarik berkunjung.

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah Pemkab Tobasa, Harapan Napitupulu mengatakan, pihaknya bukan tidak memperhatikan kondisi jalan, tetapi Jalinsum bukan merupakan wewenang dari Kabupaten Tobasa, melainkan juga Pemprovsu.

“Masalah usulan kepada Provinsi dan Pemerintah Pusat, selalu kita utarakan serta usulkan, terlebih saat kunjungan pejabat pemerintah dan DPRD Provinsi maupun DPR RI ke Kabupaten Tobasa,” papar Harapan.

Terkait kecelakaan yang terjadi, bukan semata-mata akibat rusaknya jalan, melainkan kehati-hatian dari pengendara sendiri. Seperti kelaikan dari kenderaan, ugal-ugalan dan kondisi fisik pengendara.

“Alangkah baiknya jika jalan bagus, selain rapi juga akan enak dipandang dan nyaman untuk dilalui pengendara. Ini untuk menambah daya tarik sebagai tujuan wisata kelas wahid,” kata Harapan. (asri)