Gelapkan Uang Konsumen, Direktur CV Gabe Arta Divonis 2 Tahun

Terdakwa CV Gabe Arta, Maringantua Hutapea keluar ruang persidangan.

Siantar, Lintangnews.com | CV Gabe Arta, Maringantua Hutapea terdakwa penipuan pembangunan perumahan tipe 36 di Jalan Damar Kelurahan Kahean Kecamatan Siantar Utara divonis 2 tahun kurungan penjara.

Vonis itu dibacakan Ketua Majelis Hakim, Zuriah didampingi dua hakim anggota Simon dan Iqbal di Pengadilan Negeri (PN) Siantar.

Zuriah menyatakan terdakwa Maringantua Hutapea terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan/penggelapan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP. “Dijatuhi hukuman 2 tahun kurungan penjara,” ucap Zuriah, Selasa (26/3/2019).

Putusan majelis hakim itu terlihat lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut umum (JPU) SR Damanik yang menuntut terdakwa 3 tahun kurungan penjara.

Sekedar diketahui, bulan September 2017 saksi Robinson Silalahi mendapat informasi dari Domu Hutajulu bahwa terdakwa Maringantua Hutapea akan membangun perumahan di Jalan Damar, Kelurahan Kahean.

Selanjutnya korban Robinson Silalahi memesan terdakwa 2 unit rumah tipe 36 yang akan dibangun itu menjadi 1 rumah, dengan harga yang disepakati sebesar Rp 320 juta.

Lalu terdakwa meminta uang muka sebesar Rp 75 juta, sembari berjanji rumah akan dibangun bulan September 2017.

Kemudian tanggal 28 September 2017 korban mentransfer uang melalui bank BRI milik terdakwa sebesar Rp 10 juta. Berselang berapa hari, korban kembali mentransfer uang sebesar Rp 40 juta. Lalu pada Nopember 2017, terdakwa meminta kembali kurang uang muka sebesar Rp 25 juta.

Namun, karena belum ada tanda tanda pembangunan perumahan korban pun tidak mau menerima sisa uang muka yang diminta terdakwa.

Karena merasa ditipu korban pun meminta uangnya sebesar Rp 50 juta kepada terdakwa, namun selalu dijanjikan nanti akan dikembalikan pada bulan Juli 2018.  Pada bulan Agustus 2018, Robinson mengetahui telah menjadi korban penipuan, hingga akhirnya melaporkan perbuatan terdakwa ke Polres Siantar. (irfan)