Gelar Baksos Kesehatan, Ini Disampaikan Ketua PKK Asahan  

Ketua PKK Kabupaten Asahan, Titiek Sugiharti Surya menyerahkan bantuan pada anak-anak yang mengikuti sunatan massal.

Asahan, Lintangnews.com | Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Asahan bekerja sama dengan Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara menggelar bhakti sosial (baksos) kesehatan berupa operasi bibir sumbing, sunatan massal dan pengobatan gratis, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan itu dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan, Titiek Sugiharti Surya, Ketua Satgas BKB Sumut diwakili Suhelmi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Hari Sapna, Direktur RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran, para dokter spesialis dan peserta pengobatan gratis.

Titiek Sugiharti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas BKB Sumut dan Dinkes Asahan yang telah berpartisipasi serta bekerja sama mengadakan program baksos bermartabat dan memberikan pelayanan kesehatan gratis di Asahan.

“Bersamaan dengan kegiatan ini, kita baru saja memperingati Hari Kesehatan Nasional (HN) ke 57 dengan tema sehat ‘Negeriku Tumbuh Indonesiaku’. Melalui momentum itu, kita berharap derajat kesehatan masyarakat Asahan meningkat, sehingga rasa kemanusiaan dan solidaritas semakin kuat,” ujarnya.

Pelayanan kesehatan yaitu operasi bibir sumbing, sunatan massal dan pemeriksaan serta pengobatan gratis dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam. Dimana peserta sunatan massal sebanyak 50 orang, pemeriksaan serta pengobatan gratis 40 orang dan operasi bibir sumbing 3 orang. Sehingga keseluruhan peserta sebanyak 93 orang.

Dalam laporannya Ketua PKK Asahan dan Ketua BKB Sumut menyampaikan, pelaksanaan kegiatan itu sesuai program Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Dinkes Sumut.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di Sumut, salah satunya di Asahan,” ujar Plt Kadinkes, serya menambahkan, pelayanan kesehatan itu tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Hari menjelaskan, ada pun peserta pengobatan terdiri dari Kecamatan Kisaran Timur untuk sunatan massal berjumlah 20 orang dan pengobatan gratis 15 orang. Kecamatan Kisaran Barat untuk sunatan massal berjumlah 20 orang dan pengobatan gratis 15 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Sei Dadap untuk sunatan massal berjumlah 10 orang dan pengobatan gratis berjumlah 10 orang. Sementara peserta operasi bibir sumbing sebanyak 3 orang. (Heru)