Giat Haroan Bolon Secara Massal Digelar di Dolok Batu Nanggar

Kegiatan haroan bolon di Kecamatan Dolok Batu Nanggar.

Simalungun, Lintangnews.com | Masyarakat di Nagori Dolok Tenera, Nagori Dolok Ilir I, Nagori Bahung Huluan dan Nagori Bahung Kahean, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan haroan bolon (gotong royong) secara massal, Minggu (11/7/2021) kemarin.

Sasaran kegiatan dalam rangka memperbaiki kerusakan jalan di wilayah masing-masing, dengan cara nenutup lubang-lubang di badan jalan menggunakan material batu padas dan membersihkan beram jalan.

Kegiatan itu juga diikuti aparatur Kecamatan dan Nagori masing-masing, tokoh masyarakat, personil Polsek Sebelawan dan Koramil 05/Serbelawan. Secara langsung kegiatan haroan bolon dikoordinir Camat Dolok Batu Nanggar bersama Kapolsek Sebelawan, Danramil 05/Sebelawan dan Kepala Puskesmas Pembantu (Kapustu) Sebelawan.

Camat Dolok Batu Nanggar, Susilo mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk dukungan program gerakan haroan bolon membangun Simalungun yang telah digagasi Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

“Masyarakat Dolok Batu Nanggar menyambut baik program gerakan haroan balon membangun Simalungun yang diinisiasi Bupati Simalungun,” kata Susilo.

Dia menjelaskan, segala keperluan dan kebutuhan termasuk material yang digunakan berasal dari swadaya masyarakat. Seperti batu padas untuk menutup lubang-lubang di badan jalan sebanyak 60 truk.

Menurut Susilo, selain menumbuhkan kembali semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat, program ini sangat positif untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam rangka memajukan Nagori/Desa masing-masing dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di tempat terpisah, Bupati Simalungun melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Wasin Sinaga menyampaikan apresiasi pada masyarakat 4 Nagori di Dolok Batu Nanggar yang telah melaksanakan haroan bolon memperbaiki kerusakan jalan di wilayah masing-masing.

“Kita berharap program gerakan ini terus berjalan di Bumi Habonaron Do Bona untuk memajukan daerah demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Wasin berharap, kepada para Camat agar tetap menghimbau masyarakat menjalankan protokol kesehatan (prokes) dalam aktifitas sehari-hari, meskipun melaksanakan kegiatan gotong royong. (Rel/Zai)