Gubsu Ajak Pemko Tebingtinggi Kedepan Tingkatkan Sinergitas

Foto bersama usai pembukaan musrenbang RKPD Pemko Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Kepala Bappeda Sumut, Irman mengajak Pemko Tebingtinggi khususnya Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan kedepan terus meningkatkan sinergitas untuk dilakukan langkah-langkah efektif dan effesien lagi.

Hal ini disampaikan Gubsu pada pembukaan musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 Kota Tebingtinggi, Rabu (27/3/2019) di Grand Balai Pertemuan Kartini Jalan Gunung Lauser yang akan berlangsung selama 2 hari (27-28 Maret 2019).

Disampaikan Gubsu, Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) memberikan apresiasi kepada Pemko Tebingtinggi atas terselenggaranya musrenbang RKPD 2020 yang terlaksana tepat waktu.

“Penghargaan dan apresiasi yang tinggi disampaikan kepada Pemko Tebingtinggi karena pada saat penyusunan RKPD 2019 memperoleh penghargaan sebagai kota terbaik satu untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara,” sebut Gubsu

Menurutnya, atas prestasi itu, Tebingtinggi kini telah masuk dalam 5 besar di tingkat nasional dan saat ini sedang dilakukan evaluasi oleh tim dari pusat. Hal ini sekaligus mengangkat nama Provinsi Sumatera Utara.

“Dan semua ini dapat dilakukan karena kerja keras dan bimbingan Wali Kota bersama dengan segenap perangkatnya menginginkan Kota Tebingtinggi maju dan berkembang sekaligus membawa nama harum Sumatera Utara,” ujar Gubsu.

Sementara itu Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, tahun 2019 Pemko Tebingtinggi menjadi yang terbaik program perencanaan pembangunan tingkat Sumatera Utara dan ini terwujud atas bimbingan dan arahan dari Bappeda Sumut.

Dikatakan, musrenbang kali ini selaras dengan program strategis pembangunan Provinsi Sumatera Utara yang disusun Bappeda Sumut,  bahkan selaras dengan visi misi yang disusun Presiden Jokowi periode 2020-2024.

“Itu bukan mengada-ada, karena rencana ini sudah kita pikirkan dari awal dimana pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting kedepannya khususnya di Tebingtinggi,” sebut Wali Kota.

Lanjutnya, Tebingtinggi sangat bersyukur dan beruntung oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi dinyatakan sebagai kota satelit Medan, bukan lagi hinterlandnya. Ini menjadikan Tebingtinggi banyak sekali kegiatan yang bisa diakomodir.

Hal ini didukung dengan akses jalan tol yang sudah terbuka semua menjadi mudah dekat terhubung, proyek nasional Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung, destinasi wisata Danau Toba dan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Sei Mangkei.

Dalam musrenbang itu menghadirkan narasumber Kepala Bappenas diwakili Kepala Sub Direktorat Sumber Daya Kesehatan, Sularsono, Kepala BPPAUD dan Dikmas Sumut, Ulfa Maria, Mpd, Kepala BPSDM Kementerian Tenaga Kerja, Diah Yulia Kumala Dewi, Kabid Perencanaan Sarana, Prasarana dan Kewilayahan Bappeda Sumut, Anda Subrata dan Kabid Pengembangan Pendidikan Kementerian Pusat Pendidikan SDM Kesehatan RI, Yuyun Widyaninsih. (purba)