Hadapi Australia, Timnas U-16 Anggap Seperti Laga Final

Timnas U-16 di akhir laga melawan Vietnam. (Foto: Adam Aidil. Dok AFC.)

Kuala Lumpur, Lintangnews.com | Hanya butuh selangkah lagi bagi Timnas Indonesia U-16 untuk bisa mengukir sejarah.

Syaratnya, mereka harus mampu mengalahkan Australia U-16 dalam laga perempat final Piala Asia. Dengan begitu, Indonesia akan melaju ke semifinal sekaligus menyegel tiket Piala Dunia U-17 di Peru tahun depan.

Timnas U-16 telah menunjukkan kualitasnya dengan lolos ke babak delapan besar sebagai juara grup. Kini, mereka bertekad melanjutkan performa apiknya kala menghadapi Australia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Senin (1/10/2018) pukul 16:30 waktu setempat atau 15:30 WIB.

Sebanyak 23 pemain telah menjalani latihan terakhirnya jelang menghdapi Australia di Lapangan Same Darby, Selangor, Minggu (30/9/2018). Pada latihan selama dua jam itu, mereka terlihat mematangkan taktik dan strategi guna menarah serangan lawan sekaligus membangun serangan.

Meski demikian, pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini, menilai faktor mental juga akan sangat menentukan hasil akhir pada laga nanti. Para pemain, lanjut Fakhri, diminta untuk tak gentar menghadapi sang lawan.

“Saya sampaikan ke pemain pertandingan besok adalah final. Karena besok akan menentukan Indonesia tampil di Piala Dunia atau tidak,” ujar Fakhri usai memimpin latihan.

Menurutnya, secara mental, pemain sudah sangat siap menghadapi laga nanti. Apalagi, mereka sudah pernah bertemu dengan Australia di Piala AFF tahun lalu serta melawan tim-tim kuat lainnya seperti Jepang dan Iran.

“Saya bilang ke pemain tidak perlu khawatir dengan lawan. Reapek oke, tapi tentu ada perbedaan besar dengan takut apalagi minder. Mereka sudah pengalaman. Mental mereka cukup bagus dan keberanian juga tinggi. Cuma ini tetap kami harus kelola, karena kalau kepercayaan diri mereka berlebihan, bisa jadi bumerang buat kami sendiri,” kata Fakhri.

Pada laga perdana penyisihan grup lalu, Timnas U-16 telah memperlihatkan kematangan mental dalam bertanding. Menghadapi Iran yang menjadi salah satu favorit juara, Timnas U-16 mampu meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0.

sumber : kumparan.com