Haidar Alwi Diusung Patih Sebagai Calon Wakil Menteri BUMN

45
Penanggung Jawab Aliansi Relawan Jokowi (ARJ), Haidar Alwi saat bersalaman dengan Presiden Joko Widodo. (Ist)

Jakarta, Lintangnews.com | Penanggung Jawab Aliansi Relawan Jokowi (ARJ), Haidar Alwi dianggap memiliki integritas dan pantas dicalonkan sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan bersih-bersih di tubuh Kementrian BUMN.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Patriot Merah Putih (Patih), Edo Panjaitan menyikapi siapa Calon Wakil Menteri BUMN, Erick Thohir, di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

“Pak Haidar Alwi dengan integritasnya akan memberikan contoh baik sebagai Wakil Menteri BUMN untuk melakukan bersih-bersih. Beliau juga mampu berkomunikasi politik dengan baik,” ujar Edo Panjaitan.

Mantan Ketua Umum Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG) itu juga menyebutkan, sosok Haidar Alwi yang mengutamakan membela kepentingan publik dari pusaran politik koruptif elite kekuasaan.

“Praktik politik yang koruptif dalam mengelola keuangan negara di Kementrian BUMN sudah harus diberantas serius. Haidar Alwi di posisi Wakil Menteri BUMN sudah tepat,” cetusnya.

Di lain sisi, dia menyoroti hubungan antara pejabat publik yang harus mampu memenuhi harapan masyarakat terhadap institusi pemerintah agar selalu terjaga.

“Pandangan negatif masyarakat terhadap kasus-kasus korupsi di BUMN harus segera dipulihkan. Jika tidak, pemerintah akan kehilangan kepercayaan publik,” tegasnya.

Menurut dia, Wakil Menteri BUMN sebagai pejabat publik harus betul-betul bisa dipercaya dan punya kewajiban mengawasi dan mengelola aset negara (perusahaan BUMN) untuk kepentingan publik.

“Menjadi pejabat publik (Wakil Menteri BUMN) adalah orang yang dipercaya untuk pengawasan internal aset negara, bukan diolah untuk kepentingan kelompok atau pribadi,” sergahnya kemudian.

Seperti diketahui, Kementrian BUMN menaungi sebanyak 142 perusahaan milik negara.

Untuk itu, Menteri BUMN, Erick Thohir membutuhkan 3 orang di posisi Calon Wakil Menteri BUMN guna membantu tugasnya mengawasi perusahaan-perusahaan BUMN.

Sementara, ARJ mengusulkan Haidar Alwi sebagai salah satu Calon Wakil Menteri BUMN. (Red)