Halal Bi Halal Bersama Warga Jawa, Plt Bupati Asahan Sampaikan Permohonan Maaf

Plt Bupati Asahan, Surya menyampaikan sambutannya dalam acara halal bi halal.

Asahan, Lintangnews.com | Untuk menjaga tali silaturahmi yang telah terjaga selaku pemerintahan di Kabupaten Asahan, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Surya menghadiri halal bi halal yang dilaksanakan warga etnis Jawa di Desa Pulo Bandring, Kecamatan Kisaran Barat.

Acara yang dihadiri Sekda, Taufik Zainal Abidin dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu, Surya dalam sambutannya menyampaikan, halal bi halal berkaitan dengan silaturahim yang bermakna ‘Menyambung Kasih Sayang’, caranya dengan membangun suatu keadaan saling bergantung satu sama lain.

Kata Surya, antar sesama manusia dapat saling memahami dan mengasihi. Silaturahmi merupakan sebuah upaya pemulihan, karena dalam menjalani kehidupan, seseorang kadang kala melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu hubungan dengan orang lain.

“Halal bi halal, habluminannas atau hubungan horizontal dengan sesama manusia diperbaiki. Lalu kalau upaya saling maaf-memaafkan tuntas, Insya Allah hubungan vertikal habluminallah juga dapat ditingkatkan,” ujar Surya.

Di akhir sambutannya, Surya juga menyampaikan permohonan maaf dari almarhum Taufan Gama Simatupang di masa kepemimpinannya sebagai Bupati Asahan. “Terdapat kekhilafan dan kesalahan mohonlah untuk dimaafkan,” ungkap Surya.

Tidak lupa, Surya juga berharap kepada warga etnis Jawa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam rangka mewujudkan pembangunan di daerah itu sesuai dengan visi misi Pemkab Asahan. (Heru)