Hasil Survei LSN, Hanya 6 Anggota DPRD Humbahas Berkinerja Baik

Direktur Eksekutif LSN, Humuntal Rajagukguk saat berada di kantor DPRD Kabupaten Humbahas.

Humbahas, Lintangnews.com | Miris, hasil survei Lembaga Survey Nusantara (LSN) yang dilakukan dari tanggal 24-26 Agustus 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terhadap penilaian kinerja anggota DPRD setempat, hanya 6 orang dinilai berkinerja baik dari total 25 orang anggota dewan.

Direktur Eksekutif LSN, Humuntal Rajagukguk mengatakan, penilaian survei itu berdasarkan yang dilakukan relawan dan volunteer terhadap 100 orang responden tersebar di 10 Kecamatan se-Kabupaten Humbahas.

“Dengan metode yang digunakan wawancara dari beberapa tokoh, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, budaya, pemuda dan pendidikan,” sebutnya, Jumat (27/8/2021).

Dengan hasil survei itu, ada 6 anggota DPRD Humbahas yang dinilai masyarakat berkinerja baik. Yakni, kinerja sebagai fungsi anggota dewan di lembaga DPRD dan kinerja sosial di tengah-tengah masyarakat.

Hasil survei itu, di antaranya Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kecamatan Pollung , Kecamatan Baktiraja, Kecamatan Dolok Sanggul, Kecamatan Sijamapolang dan Kecamatan Onanganjang dengan jumlah 12 kursi. Yakni, Daniel Banjarnahor dari PDI-Perjuangan dan Jimmy Togu Hamonangan Purba dari Partai Gerindra.

Kemudian, Dapil II meliputi Kecamatan Lintong Nihuta dan Kecamatan Paranginan dengan 6 kursi hanya 2 orang anggota dewan yang berkinerja baik. Yakni, Labuan Sihombing dari Partai Hanura dan Normauli Simarmata Partai Nasdem.

Selanjutnya, untuk Dapil III meliputi Kecamatan Parlilitan, Kecamatan Pakkat dan Kecamatan Tarabintang dengan jumlah 7 kursi, yakni Laston Sinaga dari Partai Golkar dan Minter Hulman Tumamggor dari PDI-Perjuangan.

Humuntal mengatakan, LSN dalam melakukan survei itu selalu mengedepankan independensi dan profesionalitas sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan politik rakyat. Ini agar masyarakat cerdas dan bijak dalam memilih wakilnya di kemudian hari.

“Apa pun hasil survei ini merupakan wujud partisipasi LSN untuk mencerdaskan masyarakat dan mendorong aktif dalam menilai kinerja para wakil rakyat yang duduk di DPRD,” tukasnya.

Perlu diketahui, LSN sudah melakukan survei di 11 Kabupaten/Kota. Kabupaten Humbahas adalah daerah yang ke 12. LSN selanjutnya akan melaksanakan survei kinerja DPRD di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). (DS)