Heboh, Ikan Pari Perawan Mendadak Melahirkan Anak

Ikan pari elang bernama Freckle. (Foto: Sea Life Sydney Aquarium)

Sydney, Lintangnews.com | Pada 30 Agustus 2018, seekor ikan pari elang yang hidup di Australia’s Sea Life Sydney Aquarium melahirkan seorang anak.

Hal ini mengejutkan karena selama sembilan tahun terakhir ini Freckle, nama ikan pari betina yang kini berusia 11 tahun itu, tidak pernah bertemu dengan pari jantan.

Bagaimana caranya Freckle bisa punya anak tanpa bersentuhan dengan ikan pejantan? Apakah memang ada spesies yang bisa punya anak meski tanpa kehadiran pejantan?

Ternyata, Freckle bisa berkembangbiak dengan metode langka yang disebut partenogenesis. Dalam bahasa Yunani, partenogenesis berarti ‘(lahir) dari perawan’. Metode ini menjadikan embrio berkembang tanpa perlu dibuahi sperma pejantan.

Ikan pari menurut IFL Science adalah salah satu dari beberapa jenis hewan yang bisa berkembang biak dengan secara seksual (membutuhkan pasangan) maupun aseksual (tanpa pasangan). Ikan gergaji, hiu, dan ular adalah beberapa jenis hewan lain yang bisa melakukan hal ini.

Selain dapat berkembangbiak dengan dua cara, menurut ZooBorns, fakta unik lain mengenai ikan pari adalah mereka bisa melahirkan meskipun bukan seekor mamalia.

Hal ini karena ikan pari adalah makhluk ovovivipar. Embrio ikan pari disimpan di dalam telur dan akan menetas di dalam tubuh induknya. Dengan begitu, bayi ikan pari akan keluar dari tubuh induknya dalam bentuk bayi, bukan telur.

“Freckle, pari elang betina di Sea Life Sydney telah berhasil mengkloning dirinya dan melahirkan seekor pari muda muda melalui proses yang disebut partenogenesis,” kata Adam Stow, profesor dari Macquarie University dalam pernyataan resminya.

“Ini adalah kejadian langka, jadi ini adalah kelahiran yang sangat istimewa untuk Sea Life Sydney Aquarium,” sebutnya.

Kehamilan Freckle pertama kali diketahui pada 26 Juli lalu karena adanya perubahan pada perilakunya dan perutnya juga tampak membesar.

Freckle tinggal di dalam tangki yang berisi enam ikan pari elang, dua hiu macan tutul, dan seekor white-spotted guitarfish. Sekarang, keluarga di dalam tangki tersebut kedatangan anggota baru, yaitu Anakin atau Ani, anak yang dilahirkan Freckle. Ani dilaporkan dalam keadaan sehat dan tampak berenang dengan bahagia.

Nama Ani diambil dari tokoh Anakin Skywalker yang kemudian menjadi Darth Vader, tokoh jahat di film Star Wars. dalam film itu, Anakin tidak pernah tahu siapa ayahnya dan itu mirip seperti yang dialami anak Freckle ini.

 

 

 

 

sumber : kumparan.com