Hindari Kebakaran Hutan dan Lahan, Kapolres Tobasa : Sinergitas Semua Elemen Penting

Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo menyampaikan pemaparannya.

Tobasa, Lintangnews.com | Rapat koordinasi lintas sektoral tentang langkah-langkah pola penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polres Toba Samosir (Tobasa) berlangsung di Aula Harungguan Mardemak Polres Tobasa bersama TNI, Polri, Pemkab Tobasa dan KPH IV Balige, Selasa (13/8/2019).

Dalam arahannya Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo mengatakan, supaya terjadi sinergitas TNI, Polri, pemerintah dan masyarakat dengan segala potensi yang ada untuk menghindari bahaya kebakaran lahan dan hutan di wilayah hukum Polres Tobasa.

“Mari kita cari solusi serta langkah-langkah agar kebakaran di Tobasa tidak terjadi, melalui potensi-potensi yang terorganisir dengan baik dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran yang dapat merusak ekosistim di kabupaten ini,” terang Kapolres.

Sementara Kepala UPT KPH Wilayah IV Balige, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Utara, Leonardo AB Sitorus mengatakan, faktor kebakaran hutan dan lahan dapat terjadi akibat kondisi alam, seperti musim kemarau, sambaran petir dan aktivitas vulkanik.

“Tetapi tidak tertutup kemungkinan akibat ulah manusia itu sendiri, sebagai contoh membuka lahan dengan cara melakukan pembakaran demikian juga ketika masyarakat melakukan pembakaran saat pembersihan lahan,” terang Leo.

Selanjutnya, menurut Leo, upaya yang telah kita lakukan untuk mencegah kebakaran, dengan melakukan pembentukan Masyarakat Peduli aapi (MPA), Posko Dalkarhutla, dan pemantauan hotspot (titik api), patroli pencegahan Dalkarhutla dan apel siaga gabungan Dalkarhutla.

“Namun yang terpenting, untuk menyadarkan masyarakat, memberikan himbauan kepada masyarakat, baik secara tertulis kepada Camat dan Kepala Desa (Kadis), himbauan melalui radio, yang telah kita lakukan 3 kali dalam sehari saat kemarau, serta permohonan penyiaran himbauan kepada Kadis Kominfo Tobasa,” jelas Leo.

Dalam rapat itu,  Pemkab Tobasa melalui Asisten I Harapan Napitupulu, Camat dan Kades sepakat bersinergi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, dimana akan membuat grup WhatsApp (WA) agar komunikasi berjalan sinergi. (Asri)