Hitungan Hari, Jalinsum Tobasa yang Ditimbun Kembali Rusak

Kondisi badan Jalinsum di Tobasa setelah dilakukan penimbunan.

Tobasa, Lintangnews.com | Intensitas masyarakat dan pengguna jalan begitu tinggi, saat ditimbunnya Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Siantar Narumonda dan Sigumpar, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sekitar 2 hari lalu.

Namun kondisinya Minggu (10/2/2019) telah kembali seperti semula, saat sebelum ditimbun.

L Hasibuan sebagai pengguna jalan yang setiap harinya melintas Jalinsum Tobasa-Tapanuli Utara (Taput) sempat gembira dengan penimbunan jalan berlubang itu dengan campuran pasir, tanah dan batu.

“Kini kondisi jalan yang ditimbun kembali seperti semula, lubang menganga di sepanjang Jalinsum mengintai setiap pengendara yang melintas, khususnya pengendara sepeda motor, Khususnya bagi yang belum mengetahui kondisi jalan,” sebut Hasibuan.

Terpisah, salah seorang warga Tobasa, Jakob Manurung menilai tindakan pemerintah melakukan penimbunan jalan itu memang benar bagus, namun hanya sesaat saja.

“Buktinya baru beberapa hari sudah seperti semula, kembali lubang menganga di badan jalan,” sebutnya.

Dia menilai, seharusnya Jalinsum yang berlubang sudah tidak layak sekedar diberikan timbunan campuran pasir, batu dan tanah.  Ini mengingat kenderaan yang melintas setiap harinya ribuan bahkan mungkin jutaan setiap harinya, dengan berat mungkin saja mencapai puluhan ton.

“Selayaknya Jalinsum itu dihotmix semulusnya. Selain menghindari tingkat kecelakaan, juga akan memberi kenyamanan bagi pengemudi dan wisatawan yang datang. Semoga saja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melakukan pembangunan jalan dalam waktu dekat ini,” harap Jakob.(asri)