HUT Bhayangkara ke 75, Kapolres Siantar Instruksikan Bantu Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar memotong nasi tumpeng perayaan HUT Bhayangkara ke 75.

Siantar, Lintangnews.com | Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengintruksikan jajaran untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75 dengan cara virtual yang diikuti secara serentak di seluruh Indonesia dipimpin Presiden Joko Widodo, bertempat di Ruang SCC Polres Siantar, Kamis (1/7/2021).

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan amanatnya, jajaran Polri telah bersinergi dengan TNI, kesehatan, kementerian dan lembaga dalam menangani Covid-19.

“Kami harap, jajaran Polri untuk aktif terus selama penanganan Covid-19. Polri menjadi garda terdepan dalam menjalankan tugas tugas pokoknya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan penegakan hukum,” sebut Presiden.

Jokowi menuturkan, Polri memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat Indonesia. Menurutnya, penggunaan kewenangan Polri harus dilakukan secara bertanggung jawab.

“Polri harus presisi dalam menjalankan tugas dan menjunjung tinggi martabat masyarakat. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri harus diperhatikan secara transparan dan akuntabel. Polri juga harus membenahi dan memperkuat menajamen kelembagaannya,” ucap Presiden.

Usai mengikuti upacara virtual secara serentak, dilanjutkan acara syukuran yang dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Kabag, Kasat dan Kapolsek, personil Polres, Bhayangkari Cabang Siantar, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan undangan lainnya.

AKBP Boy menyampaikan ucapan terima kasih kepada undangan yang telah hadir pada acara syukuran Hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021. Menurutnya, tema Hari Bhayangkara tahun ini ‘Tranformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju’.

“Dengan tema itu, Polri akan dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin berat dan komplek,” kata Kapolres.

Di tengah pandemi virus Covid-19, AKBP Boy menuturkan, ancaman gangguan kamtibmas, situasi politik dan permasalahan ekonomi membutuhkan perhatian serius dari semua pihak.

Dia menuturkan, saat ini berbagai upaya telah di lakukan oleh pemerintah daerah, TNI-Polri dalam memberikan himbauan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, dengan meningkatkan protokol kesehatan (prokes) 5M, melaksanakan Operasi Yustisi, membentuk Kampung Paten dan melaksanakan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Kami menyadari, masih banyak kekurangan atau kelemahan anggota, sehingga kedepan Polri berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan agar memperoleh kepercayaan masyarakat. Ini mengingat institusi Polri adalah milik seluruh masyarakat dan aset bangsa Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan, supaya apa yang menjadi tema kali ini bisa kami jalankan dan wujudkan di Siantar,” sebut AKBP Boy mengakhiri. (Elisbet)