HUT Provinsi Sumut Diwarnai Operasi Katarak Gratis di RSUD Porsea

Salah seorang pasien katarak saat mendapatkan perawatan medis.

Tobasa, Lintangnews.com | Operasi katarak gratis dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di RSUD Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kesehatan mayarakat, dan diwujudkan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumatera Utara ke  71 yang jatuh tanggal 15 April 2019.

“Masyarakat patut berbangga dengan pengobatan secara gratis yang dilakukan Pemprovsu saat HUT Sumut. Ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kesehatan masyarakat, khususnya di Tobasa untuk mewujudkan masyarakat yang maju, aman dan bermartabat,” sebut Bupati Tobasa, Darwin Siagian, Rabu (24/4/2019).

Pihaknya juga berharap, semoga pasien penderita katarak dalam proses pengoperasian berjalan dengan lancar dan pulih dari penyakitnya. “Kami berharap, ini bisa merupakan agenda tahunan pengobatan katarak di Tobasa,” sebut Darwin.

Terpisah, Direktur RSUD Porsea, Tihar Hasibuan menuturkan, penderita penyakit katarak sudah diperiksa sebelumnya di 3 lokasi berbeda, untuk discreening sejak bukan Maret 2019.

Ada pun lokasi pemeriksaan sebelum dilakukan pengoperasian di Puskesmas Silaen mewakili Puskesmas Habinsaran, Borbor dan Nassau, Puskesmas Balige (mewakili Puskesmas Laguboti dan Tampahan) dan RSUD Porsea (mewakili Puskesmas Ajibata, Porsea, Lumbanjulu, Pintu Pohan dan lainnya).

Menurut Tihar, dari hasil pemeriksaan terhadap 235 orang yang matanya positif menderita katarak, dari 149 orang pasien penderita katarak sinilis (akibat ketuaan), melakukan proses operasi.

Sementara pendanaan operasi katarak yang dilaksanakan di RSUD Porsea, bersumber dari Body Soul Ministry dengan dokter Rumah Sakit (RS) Mata di Medan.

Salah seorang warga Desa Nalela, Kecamatan Porsea, Sarina Sirait mengapresiasi pengobatan katarak gratis yang dilakukan di RSUD Porsea.

Sarina menuturkan, dirinya mengantar orang tuanya untuk melakukan pengobatan mata katarak. “Saya merasa senang dengan program pengobatan gratis ini, terlebih bagi keluarga miskin kami. Semoga pengobatan seperti ini berlanjut terus dan tidak hanya kali ini saja,” harapnya.

Monitoring pelaksanaan pengoperasian warga yang mengalami penyakit katarak, di RSUD Porsea itu tampak dipantau Bupati, Darwin Siagian, Kapolres, AKBP Agus Waluyo Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Balige, Jefry Maukar. (asri)