Ikuti PBK, Disnaker Asahan Utus 96 Warganya

Asahan, Lintangnews.com | Pemerintah kabupaten Asahan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Asahan memberangkatkan atau mengutus 96 orang warganya untuk mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) mobile training yang digelar Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan.

Kepala Dinas Tenagakerja (Kadisnaker) Kabupaten Asahan, Budi Anshari mengatakan agar para peserta bisa mengikutie pelatihan dengan baik hingga benar benar mendapatkan ilmu dengan maksimal hingga menjadi modal dalam dunia usaha.

“Dengan pelatihan ini kita dapat mengurangi pengganguran dan memberikan pengetahuan sesuai keahlian masing-masing. Itu harapan kita,” ujar Budi, Senin (15/6/2019) siang.

Budi menjelaskan, pelatihan yang digelar selama 20 hari itu, untuk memberikam kesempatan dan perluasan kerja, serta kedepannya bisa mendapatkan pekerjaan.

“Peserta yang ikut peltihan hari ini sangat beruntung jadi sungguh sungguh karen tidak semua kabupaten kota melaksanakan¬† kita ingin masyarakat kita cerdas sesuai tertuang didalam visi misi Asahan ini,” ujar Kadis.

Terpisah  kepala seksi penyelenggaraan BPBPLK Medan, Jonni berharap agar dinas bisa terus mendata dan evaluasi peserta yang mengikuti pelatihan.

“Kalau bisa buat program kerja sama agar peserta bisa terus mengasah keterampilannya,” sebut Jonni.

PBK dibagi 6 kelas yakni, menjahit dilakukan di Kecamatan Buntu Pane Sei Silau Timur. Komputer Partikel office di Kecamatan Sei Dadap Tanjung Alam. Visual audio di Kecamatan Kisaran Timur Karena Anyer dan di Kecamatan Silau Laut Desa Silau Lama.

Bidang Las dipusatkan di SMK 2 Sungai Renggas Kecamatan Kisaran Barat. Sedangkan Penata Rambut dilakukan di Badung Sibatu batu, Kecamatan Sidadap. (Heru)