Ini Alasan ILAJ Minta Buka C1 Plano di Tingkat Kecamatan

Ketua ILAJ, Fawer Full Sihite.

Siantar, Lintangnews.com | Pelaksanaan proses Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 sudah berlangsung dengan baik, khususnya di Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Namun kondisi pada saat penghitungan suara ada yang dilakukan prosesnya hingga larut malam. Hal ini membuat Institute Law And Justice (ILAJ) menduga akan banyak terjadi kesalahan pada saat pemindahan hasil C1 Plano (catatan hasil penghitungan suara) ke C1.

“Berdasarkan ketentuan sesuai dengan Pasal 391 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, C1 Plano dimungkinkan untuk dibuka. Seharusnya sesuai aturan itu, C1 Plano harus ditempelkan di tempat-tempat umum,” sebut Ketua ILAJ, Fawer Full Fander Sihite, Minggu (21/4/2019).

Menyikapi hal ini, pihaknya meminta kepada seluruh penyelenggara Pemilu di tingkatan Kota dan Kabupaten agar segera memerintahkan jajarannya di Kecamatan membuka C1 Plano. Tujuannya agar mengurangi indikasi kesalahan suara di masing-masing calon atau kandidat.

“Jika hal ini tidak segera diakomodir, kami menilai kalau pihak penyelenggara tidak tau tentang ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya

Fawer Full menuturkan, ini demi keadilan bersama agar terjadi transparansi pada penghitungan setiap suara yang ada, sehingga pra duga kecurangan tidak semakin bergulir di tengah-tengah masyarakat. (red)