Ini Bukti PT TPL Dukung Pemkab Tobasa Benahi Kesehatan Masyarakat

Penyerahan kunci kepada Bindes dari PT TPL.

Tobasa, Lintangnews.com | Untuk meningkatkan sarana dan prasarana fasilitas bidang kesehatan, PT Toba Plup Lestari Tbk (TPL) mendukung Pemkab Toba Samosir (Tobasa)  membangun gedung Puskesdes di Desa Siantar Utara (Siruar), Kecamatan Porsea melalui dana Commudity Development (CD).

Bagian CD TPL, Carles Sitorus menerangkan, saat serah terima gedung Puskesdes, Jumat (7/2/2020), sesuai usulan dari masyarakat, pemerintah desa dan bidan desa (bindes). Pasalnya, ruang Puskesdes Desa Siruar tidak memenuhi persyaratan dalam pelayanan pasien.

“Setelah kita survei, benar ternyata Puskesdes tidak memenuhi kelayakan untuk melayani pasien yang datang berobat,” sebut Carles.

Melalui survei itu, akhirnya pihak perusahaan sepakat untuk mengelontorkan anggaran sebesar Rp 60.200.000 untuk menambah ruangan Puskesdes.

“Yang pasti, TPL selalu siap mendukung Pemkab Tobasar dalam mengentaskan permasalahan kesehatan masyarakat,” tegas Carles.

Sementara Bindes Siruar, Junita Situmorang mengucapkan terima kasih kepada TPL yang telah mengalokasikan dana CD untuk membangun ruangan Puskesdes untuk pelayanan pasiennya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada perusahaan yang memperioritaskan gedung Puskesdes. Dengan semua ini, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat akan saya lakukan dengan maksimal,” sebutnya.

Lanjutnya, jika sebelumnya apabila ada pasien yang layak inap, seperti ibu yang bersalin, pihaknya kebingungan menyediakan kamar. Sebab sebelum dibangun ruangan kamar seluruhnya hanya 2 x 3 meter. “Kini bangunan sudah dapat menampung 3 orang untuk rawat inap,” terang Junita.

Sekretaris Desa (Sekdes) Siruar, Herbert Simangunsong merasa bersyukur atas fasilitas gedung yang dibangun. Sebab bila disetarakan, maka gedung Puskesdes hampir sama dengan Puskesmas.

“Harapan kita, dibangunnya gedung ini seimbang dengan pelayanan bidan dalam mengentaskan permasalahan kesehatan di Desa Siruar. Sebab bila masyarakat sehat khususnya anak, maka akan menelurkan generasi handal untuk penerus pembangunan,” kata Herbert. (Asri)