Ini Cara PKK Lubuk Cuik Dukung Program Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga

Kegiatan PKK Desa Lubuk Cuik dalam mendukung program UP2K.

Batubara, Lintangnews.com | Peran ibu rumah tangga (IRT) memang penting dalam mengurus kesejahteraan keluarga.

IKLAN

Melalui program Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K), PKK Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batubara mencoba membuat produksi rumahan untuk menambah penghasilan keluarga.

Fitri Herliani selaku Ketua PKK Desa Lubuk Cuik mengungkapkan, melalui program UP2K pihaknya membuat keripik pisang,dan sambal cabai merah.

“Hari ini di rumah bu Yusmiati anggota PKK Lubuk Cuik, kita mencoba memproduksi cabe kering dan bawang goreng ala rumahan yang dikerjakan ibu-ibu PKK dengan memanfaat potensi hasil pertanian unggulan di Desa kami, seperti cabai, bawang merah, padi dan pisang,” sebut Fitri, Jumat (10/7/2020).

Dia menuturkan, dengan adanya praktek lansung ini diharapkan akan muncul pelaku usaha yang mandiri yang bisa menambah penghasilan keluarga dari  kelompok UP2K di Desa Lubuk Cuik.

Dirinya juga berharap kepada Pemkab Batubara, dalam bidang perijinan bisa membantu mendukung penuh agarmereka bisa mendapatkan ijin produksi untuk bisa menembus pasar yang lebih luas lagi.

Kegiatan ini diikuti 20 orang peserta dari 4 kelompok kerja (pokja) yakni, Nurhasanah Bidan Desa (Bindes) Lubuk Cuik yang juga aktif di pokja 4 bidang kesehatan, Leny pokja 3 bidang pangan ,sandang,tata laksana rumah tangga, Shinta pokja 2 bidang pendidikan,ketrampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi dan Nusana pokja 1 bidang penghatan dan pengamalan Pancasila.

Sementara Shinta menghimbau seluruh warga tidak terkecuali Perangkat Desa Lubuk Cuik agar mengelola potensi hasil pertanian dengan dengan bersatu bersama ikut serta dalam membangun UP2K yang mandiri.

“Jangan seperti kelompok merpati hanya berkumpul ketika dibawakan makanan, kita juga bisa menjadi kelompok mandiri,” paparnya. (Wellas)

IKLAN