Kapolres dan Bupati Simalungun Kompak Panen Tanaman Petani Cingkes

Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo dan Bupati Simalungun, JR Saragih kompak memanen hasil pertanian petani.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo dan Bupati, JR Saragih kompak panen tanaman petani di Nagori Cingkes Kecamatan Dolok Silau, Kamis (8/7/2020) kemarin.

Turut bersama pada kegiatan yang dimotori Polri – TNI itu, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Wakil Ketua DPRD, Samrin Girsang dan Kasi Intel Kejari, Ratno Pasaribu.

Kemudian para buruh tani juga mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri secara virtual.

Kasubbag Humas Polres Simalungun, AKP Lukman Hakim, Jumat (10/7/2020) menerangkan, kegiatan itu dipromotori oleh TNI-Polri, serta dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres sejajaran.

Adapun tema kegiatan itu ‘Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan’ , dengan melaksanakan kegiatan panen raya, tebar benih, bakti sosial dan kampung tangguh.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual oleh Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan diikuti 34 Polda di Indonesia.

Di tempat yang berbeda, Kepala Kepolisian Daerah Sumatara Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Martuani Sormin bersama Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah juga mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri secara virtual di Dusun III Desa Pasar Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Sergai (Serdang Bedagai).

Sementara Kapolres Simalungun bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan panen raya di lokasi perkebunan sayur kol dan buah jeruk.

AKBP Agus menyampaikan, Polri mengajak masyarakat untuk kembali ke ladang dan bercocok tanam kembali, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan , jaga jarak  dan menggunakan masker untuk menguatkan ketahanan pangan.

“Kali ini kita mengikuti panen raya jajaran Poldasu di wilayah Simalungun guna mendorong masyarakat untuk tetap produktif bercocok tanam di masa pandemi Covid-19 atau Virus Corona,” ucap Kapolres.

AKBP Agus menuturkan, ini merupakan program ketahanan pangan dan padat karya terhadap masyarakat sekitar. Menurutnya, Polri telah melaksanakan kegiatan itu 4 bulan lalu bersama TNI, dengan  menebarkan benih ikan, padi, perkebunan serta peternakan di 34 Polda disesuaikan dengan alam setempat.

Saat ini dilaksanakan panen raya, penanaman dan penebaran benih baru, serta untuk menjaga keberlangsungan program, maka Polri meluncurkan program Kampung Tangguh Nusantara. (Rel/Zai)