Ini Cara Repdem Sumut Ajak Anak-Anak Mengenal Sosok dan Nilai-Nilai Ajaran Bung Karno

Pekan Giat Mewarnai Bulan Bung Karno yang diselenggarakan oleh Repdem Sumut.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Dewan Pimpinan Daerah Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Provinsi Sumatera Utara mengadakan Pekan Giat Anak Mewarnai pada Bulan Bung Karno bertempat di Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang pada Minggu (13/6/2021).

Kegiatan itu dihadiri pengurus Repdem Sumut, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan pengurus Komisariat Repdem Labuhan Deli.

Dalam sambutannya Ketua DPD Repdem Sumut, Martua Siadari mengatakan, diadakannya kegiatan pada Bulan Bung Karno adalah untuk mengenang sosok Bapak Pendiri Bangsa Soekarno, sekaligus mengimplementasikan ideologi dan nilai-nilai Pancasila pada anak usia dini.

“Sebagai Bapak Bangsa yang telah membawa bangsa ini ke gerbang kemerdekaan, Bung Karno juga merupakan tokoh kunci lahirnya Pancasila sebagai dasar negara yang dijadikan pedoman dalam kehidupan bernegara, maka sudah selayaknya perjuangan di jadikan tauladan,” sebut Martua.

Menurutnya, Pancasila sangat relevan dengan perkembangan zaman, artinya Pancasila menjadi nilai-nilai yang tembus zaman dan selalu bisa diaplikasikan sampai kapan pun.

“Alasan itu lah yang menyebabkan Repdem Sumut yang berkaloborasi dengan Komisariat Repdem Labuhan Deli melaksanakan Pekan Giat Mewarnai supaya anak-anak penerus bangsa lebih mengenal sejak dini sosok Bung Karno yang memerdekakan negara ini,” jelasnya.

Pengurus Repdem Sumut memberikan bantuan buku pada anak-anak.

Lebih lanjut Martua juga mengatakan, kegiatan Pekan Giat Mewarnai pada Bulan Bung Karno setiap minggunya akan selalu dilaksanakan.

“Kegiatan ini sangat bagus dan akan dilaksanakan setiap minggu, serta menjadi binaan Komisariat Repdem Labuhan Deli untuk lebih membumikan nilai Pancasila kepada anak-anak  usia 5-7 tahun yang jumlahnya 70 orang. Maka dengan cara pendekatan seperti ini kita bisa mengenalkan sosok pendiri bangsa Indonesia dan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak usia dini,” ungkapnya.

Dalam rangka mendukung program penanggulangan Covid-19, kegiatan juga disertai dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada seluruh peserta dan panitia yang ikut terlibat.

“Kita lakukan prokes yang ketat seperti wajib menggunakan masker, menggunakan handsanitizer dan cuci tangan setiap saat untuk memastikan jika peserta dan panitia bebas dari Covid-19,” pungkas Martua.

Kepala Desa (Kades) Manunggal, Mukhlisin menyampaikan apresiasi pada Repdem Sumut atas terselenggaranya kegiatan itu.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan karena ini baik untuk kreativitas dan mengenalkan anak-anak kepada Bapak Pendiri Bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Repdem Sumut juga memberikan donasi buku untuk Sanggar Baca Eureka binaan Repdem Labuhan Deli. Kegiatan diakhiri dengan memberikan sertifikat pada seluruh peserta. (Rel)