Ini Himbauan Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan

Asahan, Lintangnews.com | Menyikapi kondisi terkini terkait antisipisasi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Kabupaten Asahan, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Surya sampaikan beberapa himbauan pada masyarakat, Rabu (15/4/2020).

Hal ini disampaikan melalui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar. Menurut Rahmad, ada beberapa poin himbauan yang disampaikan untuk menyikapi penanganan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

“Yang pertama, saat ini Tim Gugus Tugas Covid-19 Asahan telah rutin laksanakan himbauan pada masyarakat baik melalui media informasi maupun dengan turun langsung ke lapangan,” paparnya.

Bahkan Tim Gugus Tugas Covid-19 Asahan bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Asahan setiap hari Rabu berkeliling dengan menggunakan kendaraan untuk menyampaikan himbauan dan arahan pada masyarakat terkait antisipasi penyebaran Covid-19. “Ini dilakukan secara berjenjang dari tingkat Kabupaten hingga Desa/Kelurahan,” ujar Rahmad.

Kedua, Tim Gugus Tugas Covid-19 Asahan setiap Kamis juga rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum hingga seluruh Desa/Kelurahan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Asahan melalui tim medis juga telah laksanakan rapid test terhadap beberapa orang yang memiliki riwayat kontak fisik langsung dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta sterilisasi dan cek suhu tubuh kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru kembali ke Kabupaten Asahan.

Rahmad juga menyampaikan pesan dari Surya yang juga merupakan Bupati Asahan, jika masyarakat merupakan garda terdepan dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Asahan.

“Apabila masyarakat disiplin dalam menerapkan pola hidup bersih, sehat, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktifitas, menjaga kebersihan kondisi lingkungan rumah dan sekitarnya, memakai masker, membatasi kontak fisik dengan tidak bepergian keluar rumah bila tidak dalam kondisi terdesak, serta memperbanyak doa, niscaya penyebaran Covid-19 dapat kita minimalisir”, pungkasnya. (Heru)