Ini Kronologi Personil Polres Simalungun Ringkus Begal di Wilkum Polres Siantar

Kedua pelaku begal saat diamankan di Polsek Siantar Selatan resor Polres Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Personil Polres Simalungun, Briptu Sugeng Aprianto berhasil membekuk 1 dari 2 orang pelaku begal (street crime) di wilayah hukum (wilkum) Polres Siantar, persisnya di Jalan Tarutung, Kota Siantar, Sabtu (9/3/2019) sekira pukul 13.30 WIB.

Pelaku adalah Waris Nababan (22) warga Aek Nauli dan Rensus Pardede (26) warga Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Siantar Selatan.

Selanjutnya, Briptu Sugeng menyerahkan 1 dari 2 orang pelaku yang telah diamankannya ke Polsek Siantar Selatan.

Korban usai mendapat kembali dompet genggam warna cream miliknya langsung meninggalkan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Selain itu, Briptu Sugeng juga menyerahkan sepeda motor Suzuki Satria FU milik pelaku.

Pihak Humas Polres Simalungun membenarkan kesigapan personil Polres Simalungun ini. Disebutkan, Sabtu (9/3/2019) sekira pukul 13.00 WIB, Briptu Sugeng pulang setelah melaksanakan piket dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Aerox dari Pematang Raya Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun menuju Kota Siantar.

Setibanya di TKP,  Briptu Sugeng melihat ada sepeda motor Honda Supra X 125 dan tidak ingat nomor polisi (nopol) nya menuju Jalan Tarutung.

Setelah itu, Briptu Sugeng melihat 2 orang yang mengendarai sepeda motor Suzuki Satria FU mendahuluinya dengan kecepatan tinggi.

Selanjutnya mendekati sepeda motor korban. Lalu merampas 1 buah dompet genggam milik korban dan kabur ke arah Simpang Empat.

Melihat kejadian tersebut, Briptu Sugeng langsung mengejar kedua pelaku dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

Saat pelaku melintas di depan Doorsmer Necis Jalan Sibolga, pelaku menabrak 1 unit mobil Ertiga Suzuki. Ini mengakibatkan pelaku terjatuh.

Mengetahui hal itu, Briptu Sugeng langsung mengamankan 1 orang pelaku atas nama Rensus Pardede. Sementara 1 orang lagi melarikan diri ke arah Jalan Pane.

Saat kejadian, Rensus Pardede sempat hendak dimasakan masyarakat. Namun dengan sigap, Briptu Sugeng menjelaskan bahwa dirinya adalah Polri yang bertugas di Polres Simalungun. Sehingga pelaku yang sempat diamankan luput dari bulan-bulanan warga. Selang tak berapa lama, korban datang mengambil dompetnya lalu pergi.

Selanjutnya Briptu Sugeng membawa pelaku menuju Jalan Pane guna mengejar teman pelaku.

Tiba di TKP, teman pelaku sudah diamankan personil Satuan Lalu Lintas Polres Siantar yang sedang berpatroli. Selanjutnya kedua pelaku diboyong ke Polsek Siantar Selatan. (zai)