Ini Penyebab Jalan Provinsi di Tinggi Raja Asahan Nyaris Putus 

Jalan Provinsi di Dusun IV Kuala Piasa Desa Tinggi Raja yang nyaris terputus.

Asahan, Lintangnews.com | Jalan Provinsi penghubung Kecamatan Tinggi Raja dengan Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, tepatnya di Dusun IV Kuala Piasa Desa Tinggi Raja nyaris putus.

Hal itu diakibatkan sebanyak 70 persen badan jalan di daerah itu mengalami longsor. Jalan sepanjang 5 kilometer itu semenjak tahun 1977 hingga saat ini tidak pernah tersentuh perhatian dari Pemerintah Pusat. Akibatnya badan jalan banyak yang rusak .

Padahal jalan itu setiap harinya masih dilalui banyak warga untuk menuju ke Desa lain. Seperti jalan menuju ke Desa Piasa Ulu dan Buntu Pane.

Seperti yang diungkapkan salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Tinggi Raja, Anhar Harahap, Rabu (6/11/2019). Menurutnya, sekitar tahun 1970 an jalan itu digunakan masyarakat untuk menjadi akses menuju ke Kecamatan Buntu Pane dan Bandar Pasir Mandoge.

“Karena dulunya jalan itu lah akses satu-satunya menuju ke kedua Kecamatan tersebut,” ungkapnya.

Sekitar tahun 1977 an, setelah jembatan yang berada di Desa Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane selesai, akses jalan beralih ke jalan besar Sei Silau. Akibatnya, jalan di Desa Tinggi Raja terabaikan, sementara diketahui statusnya Jalan Provinsi.

“Walaupun akses jalan sudah beralih, namun Jalan Provinsi di Dusun IV Kuala Piasa itu masih digunakan masyarakat. Harapan kami, jalan itu dapat diperbaiki dan diperhatikan Pemerintah Pusat sehingga bisa menjadi bagus lagi,” papar Anhar.

Pasalnya, itu merupakan jalan lama yang ada dulunya hingga saat ini masih berfungsi setidaknya tetap diperhatikan dan jangan terus dibiarkan tanpa sedikit pun ada perhatian. (Handoko)