Ini Tujuan Aliansi SP/SB Audiensi dengan Pemkab Toba

Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) Kabupaten Toba

Toba, Lintangnews.com | Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) Kabupaten Toba lakukan audeinsi dengan Pemkab Toba untuk menyampaikan aspirasi terkait nasib mereka supaya PT Toba Plup Lestari Tbk (TPL) tetap beroperasi.

Audensi itu dilaksanakan di Balai Data kantor Bupati lantai IV, Balige, Rabu (16/6/2021) kemarin.

Ketua Aliansi SP/SB, Berlin Marpaung yang juga Ketua Serikat Buruh Independen Kabupaten Toba mengatakan, kedatangan pihaknya untuk memberikan aspirasi terkait masa depan mereka yang telah mengantungkan hidupnya di PT TPL.

“Selama ini ada isu mengatakan PT TPL harus ditutup. Kami prihatin dan menyesalkan sikap yang mengatakan perusahaan itu agar ditutup secara sepihak dan tidak bertanggung jawab,” paparnya.

Berlin menuturkan, pihaknya juga menyarankan kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus supaya ditelusuri pokok permasalahannya. “Kalau pihak perusahaan yang bersalah, kami juga sepakat ditutup,” ucapnya.

Lanjutnya, jika tak ditemukan kesalahan yang dilakukan PT TPL yang tidak berkekuatan hukum menyatakan perusahaan itu tutup, maka pihak Pemkab Toba segera mengklarifikasi agar pembuat isu segera ditindak secara hukum.

“Tidak ada satu pun serikat pekerja ataupun serikat buruh di bumi ini menginginkan perusahaan itu tutup,” kata Berlin Marpaung secara tegas.

Diketahui Aliansi SP/SB Kabupaten Toba terdiri dari 6 Serikat yaitu, Serikat Buruh Independen, SBSI 92, KSBSI, KSPSI, KHUT, Serikat Buruh Sejati dan SPN. (Aldy)