Ini Tujuan Lapas Siantar Gelar Razia Rutin

Petugas Lapas melakukan pemeriksaan badan terhadap para WBP.

Simalungun, Lintangnews.com | Pihak Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar selalu menggelar razia rutin terhadap para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP).

Seperti Selasa (29/6/2021) sekira pukul 20.00 WIB digelar razia yang dipimpin Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP), Sahat Bangun bersama Tim Satgas Kamtib I. Petugas melakukan razia Blok Beringin mulai kamar 1 hingga 6.

Dari hasil razia ditemukan beberapa unit handphone (HP), sendok yang diasah menjadi tajam, charger, kartu joker, mancis dan lain-lain. Dalam razia itu idak ditemukan narkoba.

Sahat Bangun menuturkan, razia ini merupakan kegiatan rutin dan dilaksanakan demi deteksi dini dan mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

“Kami juga melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban seperti pelarian dan kerusuhan. Dengan cara memeriksa dan memastikan apakah jeruji besi dan gembok masih dalam keadaan baik, termasuk tembok ikut juga diperiksa kondisinya,” sebut Sahat.

Sementara Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas), Rudy Fernando Sianturi menuturkan, demi mewujudkan suasana yang aman dan nyaman bagi WBP, pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan razia rutin.

“Ini termasuk terus melakukan pengawasan dan pembinaan pada WBP, agar dengan suasana yang nyaman dan aman program pembinaan dan pemberian hak-hak mereka bisa berjalan dengan baik,” paparnya, Rabu (30/6/2021).