Ini Tujuan PPDI Balige Bagikan Ribuan Masker pada Masyarakat

Aksi pembagian masker yang dilakukan PPDI Kecamatan Balige.

Toba, Lintangnews.com | Aksi sosial yang dilakukan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Balige, Kabupaten Toba membagikan ribuan masker pada pengunjung Pasar Balige, bertujuan supaya tetap waspada menjaga protokol kesehatan (prokes) karena pandemi Covid-19 belum usai.

Ketua PPDI Kecamatan Balige, Herol Tobing mengatakan masker yang dibagikan sebanyak 2.500 helai, dengan sasaran seluruh masyarakat dan pengguna jalan mengendarai sepeda motor.

“Kegiatan ini merupakan program kerja PPDI Kecamatan Balige dan seluruh biaya dikondisikan dari kas PPDI,” ujar Herol, Jumat (9/4/2021) di Pasar Balige.

Herol mengatakan, metode ini dibuat untuk mengingatkan masyarakat jika situasi pandemi Covid-19 belum usai. Ini tujuannya agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan prokes seperti, mencuci tangan dan menggunakan masker apabila keluar rumah.

“Kemungkinan masyarakat sudah jenuh dengan situasi saat ini, sehingga terkadang lupa menggunakan masker. Momentum ini kami gunakan agar kembali mengingatkan, jika menjaga prokes itu penting,” sebutnya.

Ketua PPDI Kabupaten Toba, Jerry Sibuea didampingi Bendahara, Eka Henny Purwanti mengatakan, situasi di Pasar Balige selalu dihadiri ribuan orang untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Ini ditambah jumlah pedagang dan pengguna jalan yang banyak, sehingga perlunya melakukan himbauan penerapan prokes.

Pemberian masker pada salah seorang warga.

“PPDI memilih waktu dan waktu yang tepat bersamaan di hari pekan. Melalui kegiatan ini, kiranya berdampak untuk mempercepat pemutusan mata rantai Virus Corona,” sebut Erry.

Kegiatan bertajuk ‘Gerakan Disiplin Memakai Masker’ ini juga menjadi bentuk peran PPDI Toba dalam memerangi pandemic Covid-19.

“Tanpa adanya masyarakat yang sehat, maka roda perekonomian akan terganggu. Langkah kami saat ini mengajak semua masyarakat untuk lebih disiplin memakai masker dan berharap pandemi segera berakhir,” kata Jerry.

Dia menuturkan, kegiatan itu dihadiri perwakilan PPDI Toba dan pengurus di 13 Kecamatan yang sudah dilantik sebelumnya.

Sebelumnya kegiatan yang dilakukan PPDI Kecamatan Balige itu dilepas oleh Danramil 17/Balige, Kapten Arh Poltak Pardede dan Kapolsek Balige, AKP Agus Salim Siagian. (Rel)