Irup Hari Peduli Sampah Nasional, Ini Pesan Kapolres Tobasa

Upacara Hari Peduli Sampah Nasional yang berlangsung di Kabupaten Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Upacara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Pintu Bosi, Kecamatan Laguboti, dilaksanakan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bersama perusahaan yang berada di wilayah itu, pada Kamis (21/2/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo. Kegiatan upacara itu diperingati personil Koramil dan Polsek Laguboti bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika), dengan terlebih dahulu melaksanakan survei sampah di Kelurahan Pasar Laguboti.

Dalam arahannya, Kapolres Tobasa mengatakan, budaya bersih sangat penting. Menurutnya, dengan hidup bersih dan bebas dari sampah, maka akan hidup sehat dan bernilai.

“Untuk itu mari kampanyekan kepada masyarakat Tobasa supaya hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan jangan sekali -kali membuang sampah sembarangan,” sebut AKBP Agus.

Kapolres juga menghimbau kepada setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah Tobasa harus menjaga kebersihan, dengan membuang sampah pada tempatnya. Menurutnya, jangan sampai limbah yang dihasilkan perusahaan dapat mengganggu masyarakat ataupun menimbulkan penyakit, khususnya sampah kimia.

“Sebab ada beberapa limbah perusahaan yang berdampak kepada kesehatan masyarakat sekitar. Contohnya, sampah limbah yang mengandung bahan kimia seperti Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dihasilkan perusahaan,” terang Kapolres.

Upacara diwarnai dengan penyerahan secara simbolis tong sampah dari setiap perusahaan pada Pemkab Tobasa.

Kegiatan itu dihadiri, Bupati Tobasa diwakilkan Asisten II, Jhon Piter Silalahi, Asisten III, Parulian Siregar, Wakapolres, Kompol Arifin Siagian, Kabag Sumda, Kompol Charles Napitupulu, Kabag Ren, Kompol Marzuki Karim, para PJU Polres Tobasa, personil TNI, unsur Pemkab Tobasa, perwakilan PT Aquafarm Nusantara, PT Inalum, RSUD Balige, RSUD Porsea, Humas PT Hutahaean, Kepala Desa (Kades) Pintu Bosi, Kades Gasaribu, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.  (asri)