Jaldi Sirait, Kontingen Papua Bangga Danau Toba Sebagai Pariwisata Super Prioritas

41
Suasana pertandingan Gateball.

Tobasa, Lintangnews.com | Pariwisata Danau Toba, khususnya Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) butuh penataan lokasi-lokasi wisata yang masih kurang perhatian (kondisi tidak terawat).

Ini termasuk pengembangan karakter masyarakat itu sendiri. Tujuannya untuk lebih memikat hati wisatawan.

Hal ini diutarakan kontingen Gateball asal Provinsi Papua, Jaldi Sirait, jika wisata Danau Toba layak untuk dikembangkan dan ditata dengan sedemikian rupa agar mampu mengikuti wisata-wisata danau lain di Indonesia.

“Kita tinggal menata danaunya yang saat ini diketahui masih adanya keramba atau lokasi pengembangbiakan ikan secara kimia yang mengakibatkan kerusakan ekosistem di dalamnya,” sebut Jaldi, Kamis (31/10/2019).

Ini karena Danau Toba masuk prioritas dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Termasuk dijadikan pariwisata super prioritas oleh pemerintah pusat dengan menggelontorkan anggaran hingga puluhan triliun.

Jaldi menuturkan, mengenai alam dan udaranya yang sehat dan sejuk, itu sudah dari letak topografi Danau Toba yang dikelilingi pegunungan. Dan itu merupakan kelebihan Danau Toba.

“Kalau kita ke Bali, puncak yang sering dikunjungi untuk menikmati alam dan udara sejuk ada di daerah Bedugul (danau baratan),” paparnya.

Dia menilai, dibutuhkan keseriusan pemerintah dan masyarakat di Tobasa, dengan bersinergitas membangun pariwisata. Hal ini supaya diminati wisatawan untuk dikunjungi.

“Meskipun saya tinggal di Papua, namun asal dari Tobasa. Darah Batak masih kental melekat dalam diri saya. Bagaimana pun juga saya mengharapkan perkembangan pariwisata Danau Toba dapat lebih pesat untuk meningkatkan ekonomi dari sektor pariwisata,” sebut Jaldi. (asri)