Jelang Natal dan Tahun Baru, Arus Lalin di Siantar Dialihkan

44
Perubahan arus lalu lintas di Jalan Cipto, Kota Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Untuk mengurangi kemacetan di ruas Jalan Sutomo, Dinas Perhubungan (Dishub) bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Siantar melakukan pengalihan lalu lintas (lalin) di Jalan Cipto, kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat.

Sayangnya, kebijakan ini sepertinya kurang sosialisasi. Terbukti, banyak pengendara yang melawan arus lalin. Padahal, lalin yang sebelumnya dari Jalan Diponegoro saat ini menjadi berubah masuk dari Jalan Vihara langsung menuju Jalan Cipto. Kebijakan itu berlaku mulai hari ini, Rabu (4/12/2019).

Salah seorang pengendara mobil sempat menggerutu, karena tidak ada petugas yang berjaga disetiap ruas jalan.

“Maunya ada petugas di sini bang, kalau nggak begini lah macet,” sebut perempuan berkaca mata ini.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemko Siantar, Esron Sinaga melalui Kabid Perhubungan Darat, Abidin Damanik menyampaikan, perubahan itu untuk mengurai kepadatan arus lalin di sejumlah ruas Jalan Sutomo.

“Misalnya kalau padat lah dari atas, maka para pengguna jalan mengambil dari arah ke kiri Jalan Vihara lalu masuk ke Jalan Cipto terus ke arah Parapat atau Saribudolok,” terangnya.

Abidin mengakui, karena perubahan arus lalin ini masih percobaan. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang kurang tau.

“Bisa saja ada yang menyelonong satu-satu, karena kurang tau. Tapi setelah beberapa hari mungkin sudah tau,” ucapnya.

Disinggung soal sosialisasi kepada masyarakat, Abidin menyebutkan, sosialisasi yang dilakukan, hanya sebatas uji coba yang dilakukan mulai hari ini.

“Ada juga 2 unit mobil untuk mensosialisasikan dari Sat Lantas Polres Siantar dan Dishub,” katanya.

Sambungnya, untuk evaluasi pengalihan arus lalin ini akan dilakukan usai Tahun Baru. Ini setelah melihat kepadatan arus lalin pada Hari Natal dan Tahun Baru nanti.

“Nanti kita lihat dulu bagaimana, setelah Tahun Baru kalau ditetapkan maka akan ada penindakan. Kalau sekarang belum, karena ini masih uji coba,” tutupnya.

Sementara itu, Kasat Lantas, AKP Septian Dwi Rianto melalui Pj Kasubbag Humas Polres, Aipda Napena Surbakti mengutarakan, pengalihan arus lalin di Jalan Cipto, pihaknya bekerja sama dengan Dishub. Ini dalam rangka antisipasi kemacetan arus mudik di Jalan Sutomo pada saat perayaan Hari Natal dan Tahun Baru.

“Ini dalam rangka uji coba hingga usai perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Dalam pengalihan arus lalin ini, Sat Lantas dan Dishub sudah melaksanakan sosialisasi seminggu yang lalu dan diterapkan mulai terhitung hari ini,” terangnya.

Sambungnya, untuk menghindari bentrokan bagi pengguna jalan yang belum mengetahui pengalihan arus lalin, Sat Lantas akan menempatkan 12 orang personil dibagi pada setiap persimpangan Surabaya-Bandung-Diponegoro-Wahidin dan Vihara dan mobile.

“Penempatan personil pada setiap persimpangan akan diterapkan hingga rambu terpasang,” sebut Aipda Napen. (Elisbet)