Jelang Pilkada Simalungun 2020, JR Saragih Mutasi Pejabat Eselon II dan IV

Bupati Simalungun, JR Saragih.

Simalungun, Lintangnews.com | Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bulan Desember 2020 mendatang, Pemkab Simalungun, dalam hal ini Bupati JR Saragih melakukan rotasi mutasi pejabat di tingkat eselon II dan IV.

IKLAN

Sementara mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati atau Wali Kota pada pasal 71 ayat 2 diketahui dilarang melakukan pergantian pejabat.

Itu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan, terkecuali telah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri. Ini mengingat Kabupaten Simalungun termasuk dalam daerah yang menggelar Pilkada 2020.

Jika kepala daerah tetap melaksanakan rotasi tanpa adanya persetujuan Menteri, maka bisa dikenakan sanksi yang juga tercatat pada UU Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sejumlah guru honorer di Kecamatan Ujung Padang, Kamis (6/8/2020) mengatakan, Pemkab Simalungun pada Jumat (6/8/2020) akan melaksanakan rotasi mutasi jabatan Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan atau UPTD.

“Informasi kami dapat malam ini, Korwil Ujung Padang akan dirotasi mutasi ke Kecamatan Bandar Masilam. Penggantinya, Korwil Bosar Maligas dan begitu juga sebaliknya,” beber mereka.

Diketahui Pemkab Simalungun pada pekan lalu juga merotasi mutasi pejabat eselon II. Seperti Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Ueki Damanik dirotasi sebagai Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Ueki digantikan Plt Kepala BPBD sebelumnya, Rizal Saragih.

“Iya tetapi belum sertijab. Mungkin Senin lah. Mulai Kamis. Gak ada yang salah, ini hanya rotasi biasa. Karena kita kan harus siap dimana saja,” ketus Ueki, Sabtu (1/8/2020) lalu. (Zai)

IKLAN