Jembatan Ambruk Akhirnya Diperbaiki, Warga Apresiasi Plt Bupati Labuhanbatu 

Proses pembangunan jembatan yang ambruk di di Desa Sei Baru, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Ambruknya jembatan yang berada di Desa Sei Baru, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu hampir 3 bulan lamannya.

Penyebabnya truk yang membawa muatan material, sehingga jembatan ambruk itu mendapat respon dari Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe.

Pantauan wartawan, Sabtu (13/10/2018), atas kebijakan Plt Bupati melalui dana APBD 2018, jembatan tersebut dibangun kembali. Warga Desa Sei Baru pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya.

Informasi dari warga menyebutkan, ambruknya jembatan disebabkan truk  membawa muatan material melintas, Jumat (27/7/2018) lalu sekira pukul 17.30 WIB. Namun tiba-tiba jembatan ambruk beserta truknya.

Pasca kejadian itu, warga meminta kepada pihak pemilik truk untuk bertanggung jawab dengan memperbaiki jembatan yang ambruk. Namun pemilik truk tidak mampu untuk memperbaikinya dan hanya berakhir dengan meminta maaf kepada warga saja.

Tak mendapat keputusan dari pemilik truk, Kepala Desa (Kades) Sei Baru, Jemeluddin memutuskan untuk dilakukan musyawarah antara pemerintah desa dan masyarakat. Dari musyawarah itu mendapat kesimpulan agar diusulkan anggaran pembangunan jembatan dari dana APBD Kabupaten Labuhanbatu.

Perbaikan jembatan yang ambruk di di Desa Sei Baru, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Selang beberapa hari dari musyawarah itu, Jemeluddin membawa permohonan warga kepada Plt Bupati agar segera mendapat perhatian dalam pembangunan jembatan Desa Sei Baru tersebut.

“Usai menerima keluhan dan permohonan dari warga, dengan cepat Plt Bupati mengusulkannya agar dibahas dalam rencana pembangunan jembatan,” sebut Jemeluddin.

Sebelumnya, Plt Bupati telah mendapat kabar dari Camat Panai Hilir bahwa jembatan yang ambruk benar adanya. Akhirnya Plt Bupati memerintahkan dinas terkait untuk memprioritaskan jembatan yang ambruk segera dibangun.

“Ini mengingat jembatan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi para petani padi. Di mana hampir sebagian penduduk desa Sei baru berkehidupan mencari nafkah pada bidang pertanian padi,” sebut Jemeluddin.

Sementara Iskandar (50) warga desa sei baru mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati dengan dibangunnya jembatan itu, sehingga masyarakat sangat terbantu. Menurutnya, selama ini membawa barang pertanian melalui jembatan alternatif yang dibangun menggunakan material dari kayu kelapa.

“Namun kami takut melintasinya, apalagi mengangkut buah pertanian menggunakan jetor. Kini jembatan itu sudah dibangun dan kami bersyukur sekali. Terima kasih Plt Bupati, semoga bapak sehat selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” ucap Iskandar. (sofyan)