JR Saragih akan Belikan Pakaian PPKBD dan SUB Pakai DAK

Bupati JR Saragih dan Wakil Bupati, Amran Sinaga.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, JR Saragih akan membelikan pakaian kerja lapangan (PKL) kepada para Pembantu Pembinaan Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dengab memakai Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2019.

Wacananya itu disampaikannya melalui Wakil Bupati, Amran Sinaga menanggapi pertanyaan Fraksi Nasdem pasca dilangsungkannya paripurna penyampaian nota jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi, kemarin.

“Pengadaan pakaian PKL diperuntukkan kepada PPKBD dan Sub PPKBD yang merupakan kader KB. Pengadaan ini sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) DAK fisik bidang KB dari DAK 2019,” kata Amran.

Selain itu, JR Saragih juga akan mengalokasikan APBD 2019 untuk pembuatan tertib administrasi nagori percontohan PKK. Dengan 10 program pokok PKK melalui 4 kelompok kerja PKK di 32 Kecamatan.

Diduga mengulangi sukses kerja pada tahun anggaran sebelumnya, Bupati Simalungun dua periode ini juga akan mengalokasikan lagi APBD Simalungun untuk pemeliharaan jaringan irigasi secara swakelola.

Kegiatan swakelola sebesar Rp 4 miliar itu digunakan untuk pekerjaan saluran irigasi meliputi pembabatan rumput dan pembersihan saluran dari sampah-sampah menggunakan tenaga harian.

“Optimalisasi fungsi jaringan irigasi yang telah dibangun dengan jumlah anggaran Rp 4 miliar digunakan untuk perbaikan ringan infrastruktur jaringan irigasi secara swakelola,” terangnya soal anggaran yang telah digunakan tahun sebelumnya.

Mirisnya, menanggapi pertanyaan juru bicara Fraksi Nasdem tentang penggunaan anggaran diklatsar kepemimpinan pada Dinas Pendidikan (Disdkik) JR Saragih mengaku telah menjelaskan ke pembicara keempat.

“Penggunaan anggaran diklatsar kepemimpinan pada dinas pendidikan, telah dijelaskan pada pembicara keempat, saudara Abu Sofyan Siregar dari Fraksi PDI Perjuangan,” kata Wakil Bupati. (zai)