Warga Apresiasi Pengaspalan Dusun Satu Patane I dari Dana Desa

Tobasa, Lintangnews.com | Kondisi jalan menuju Parsiunongunong Dusun I, Desa Sirait Uruk, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sudah lama tidak diperbaiki.

Akhirnya melalui dana desa tahun anggaran 2018, jalan itu diperbaiki, sehingga mendapat apresiasi warga dan ucapkan terima kasih dengan program Pemerintah Pusat untuk percepatan pembangunan desa melalui dana desa.

‘Bila nanti jalan itu diaspal, tidak akan ada lagi genangan air saat musim hujan. Anak sekolah yang akan berangkat dan pulang sekolah tidak akan kebingungan lagi melintasi jalan yang penuh lumpur. Ini menyebabkan sepatu anak sekolah menjadi berlumpur,” jelas salah seorang warga, Aldi Sirait salah seorang mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU),¬†Sabtu (17/11/2018).

Sementara Kepala Desa (Kades) Patane I, Togar Sirait membenarkan pembangunan pengaspalan jalan bersumber dari dana desa itu. Menurutnya, pengaspalan jalan itu dengan dana sebesar Rp 40 juta lebih.

Jalan yang akan diperbaiki menggunakan dana desa.

“Jalan yang dibangun sepanjang 220 meter. Kita lebih memprioritaskan pengaspalan jalan menuju Parsiunong-unong Dusun Satu, Desa Patane I sebab akses jalan sering dilalui pelajar dan petani,” papar Togar.

Dia menilai, akses jalan itu sudah sepantasnya dibangun. Sebab pengguna jalan hampir seluruh warga Patane I yang memiliki lahan pertanian persawahan hingga puluhan hektar.

“Terlebih musim tanam akan segera tiba. Dengan perbaikan jalan akan membuat kenyamanan petani yang melintas, sehingga bila panen padi tiba lebih mudah mengangkut hasil panennya,” pungkas Togar. (asri)