Kabaharkam Wakili Kapolri Rapat dengan Menko PMK Bahas Penanganan Bencana Banjir

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mewakili Kapolri Jenderal Idham Aziz hadir rapat tingkat Menteri.

Jakarta, Lintangnews.com | Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto mewakili Kapolri, Jenderal Idham Aziz rapat dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi, membahas penanganan banjir yang terjadi di 3 Provinsi.

“Ya, kita bahas penanganan bencana khususnya banjir di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten,” kata Agus di lantai 14 Gedung Kemenko PMK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Selasa (7/1/2020).

Agus menjelaskan, dari pertemuan itu, penyebab banjir karena tingginya curah hujan sejak 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Ditambah lagi cuaca ekstrem dan angin kencang, sehingga menyebabkan beberapa daerah terjadi longsor dan angin puting beliung.

“Jadi perintah Presiden Joko Widodo, keselamatan warga yang paling utama dan negara harus hadir ditengah-tengah warga,” ujarnya.

Saat ini petugas gabungan dari Polri, TNI, Pemerintah masing tingkatan, relawan, SAR dan BNPB sudah melaksanakan tugasnya dari mengevakuasi, membangun tenda darurat, dapur umum, penyerahkan logistik hingga posko kesehatan.

Rapat soal banjir ini dihadiri sejumlah Menteri seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan, (Mendikbud) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara.

Rapat juga dihadiri Dankorbrimob, Dirbinmas Polda Jabar, Dirbinmas Polda Banten, Karoops Polda Metro Jaya dan jajaran Pemprov yang hadir adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wagub Banten Adhika Hazrumy, perwakilan Pemprov Jawa Barat dan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito. (Heru)