Kader Karang Taruna Simalungun Sabet Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2021

Agunarta Syarifuddin Manik.

Jakarta, Lintangnews.com | Agunarta Syarifuddin Manik (24), pemuda asal Nagori Sinaman II, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, akhirnya meraih prestasi sebagai Pemuda Pelopor Nasional tahun 2021.

Agunarta berhasil menjadi pemenang dalam bidang Peloporan Sumber Daya Alam (SDA) dan Lingkungan Pariwisata itu merupakan wirausaha sosial, yang ikut mengembangkan lingkungan lewat pemanfaatan perkebunan kopi.

Sebelumnya, Agunarta bersama Muhammad Rizky Damanik (Bidang Pangan), Ahmad Fauzi (Bidang Sosbud dan Agama) dan Maya Siti Sakdah (Bidang Pendidikan) merupakan kader organisasi sosial Karang Taruna Kabupaten Simalungun melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab setempat mengikuti ajang bergengsi itu di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Namun setelah melalui rangkaian penilaian dari tim penilai, akhirnya diputuskan 2 pemuda asal Simalungun yang masuk nominasi, yakni Agunarta Syarifuddin dan Maya Siti.

Kemudian hanya Agunarta masuk seleksi nasional bersama Jelita Tambunan dari Kabupaten Samosir yang berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian penilaian, dimana sebelumnya tim penilai sudah melakukan penilaian lapangan.

Usai menjalani rangkaian penilaian dari sejak tanggal 24-26 Oktober 2021, akhirnya sejumlah nama dari berbagai Provinsi di Indonesia terpilih sebagai pemenang.

Agunarta menduduki posisi pertama disusul pesaingnya dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Jawa Timur. (Rel/Zai)