Kades di Tobasa Ikuti Seminar Menuju Desa Mandiri, Sejahtera, Berkeadilan, Inovatif dan Berkelanjutan

Kegiatan seminar yang diikuti para Kepala Desa di Kabupaten Toba Samosir.

Tobasa, Lintangnews.com  | Seluruh Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa se Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) ikuti seminar menuju desa mandiri, sejahtera, berkeadilan, inovatif dan berkelanjutan, Selasa (13/11/2018).

Sebagai nara sumber adalah Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (PMDPPA), Henri Silalahi, Anggota DPRD Provinsi Sumut, Sarma Hutajulu dan Anggota DPR RI, Budianto.

Budianto mengharapkan setiap Kades untuk menciptakan lapangan kerja bagi warga desa, terlebih daerah(lokasi) yang ada objek wisatanya, apalagi Tobasa berada di pinggiran Danau Toba.

“Sehingga dapat  menciptakan desa menjadi objek wisata unggulan untuk mendatangan wisata melalui pengengelolaan Bumdes. Ini agar masyarakat nantinya bisa merasakan manfaat Bumdes,” papar Budianto.

Dia menambahkan, sejak ditetapkan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi semangat baru bagi Pemerintah Republik Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat dalam membangun Indonesia.

Menurutnya, semangat ini tercermin dari komitmen Pemerintah Pusat saat ini yang mencanangkan pembangunan Indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagaimana tertuang dalam Nawacita ke 3 Presiden Jokowi.

“Tujuan kegiatan ini memberikan wawasan tata kelola pengelolahan anggaran yang transparan dan akuntable kepada para Kades dan aparatnya, dalam peningkatkan pemahaman kepala desa dan aparat desa akan peran dan tanggung jawabnya untuk pembangunan desa,” sebut Budianto.

Ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih terlihat dan bertanggung jawab terhadap progaram-program pembagunan di pedesaan, meningkatkan

pengetahuan dan pemahaman Kades tentang pentingnya peningkatan kapasitas pemimpin dalam mendorong inovasi dan pembangunan desa. (asri)