Hefriansyah Minta Seluruh Camat Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik

Wali Kota Hefriansyah memberikan cinderamata pada Ketua Tim Penilai Pemprovsu, Jumsadi Damanik.

Siantar, Lintangnews.com | Tim Penilai Kecamatan Terbaik Provinsi Sumatera Utara kembali kunjungi Kota Siantar dalam rangka melakukan penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 tahap final.

Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin Jumsadi Damanik itu disambut Wali Kota.Hefriansyah didampingi Sekda Budi Utari Siregar dan Ketua TP PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah, Rabu (14/11/2018).

Kunjungan ini sehubungan dengan Kecamatan Siantar Martoba masuk 6 besar kecamatan terbaik yang dinilai dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut. Siantar Martoba merupakan kecamatan terbaik di Siantar dan berhak mengikuti lomba tingkat Sumatera Utara.

Hefriansyah menjelaskan, Siantar sebagai kota terbesar kedua dengan keberadaan dan berbagai dinamikanya mampu membawa warna tersendiri bagi Provinsi Sumatera Utara. yang sering diberi julukan Siantar Man. Dalam arti yang positif membuat Siantar tidak asing lagi di berbagai kalangan masyarakat Sumatera Utara, bahkan sampai ke seluruh penjuru Negara Indonesia.

“Kehadiran tim penilai telah membangkitkan kembali ‘Spirit Of Siantar Man” di dalam diri kami masing-masing. Hal itu dapat terlihat dari konsistensi Siantar dalam mengikuti berbagai even yang diselenggarakan Pemprovsu, salah satunya penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi yang sedang dilaksanakan hari ini,” sebutnya.

Hefriansya juga mengingatkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) terkhusus kepada Camat dan seluruh perangkat Kecamatan agar meningkatkan kinerja dalam menyelenggarakan setiap urusan pemerintahan dan pelayanan publik dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip Good Governance.

“Jalin komunikasi lebih harmonis dengan setiap tokoh lintas agama, suku bangsa, adat istiadat dan kultur yang berada dalam lingkup kecamatan. Ini demi mewujudkan iklim pemerintahan yang kondusif, dan tumbuh kembangkan setiap potensi yang dapat menyemarakkan sendi-sendi perekonomian masyarakat di wilayah kerja saudara. Jadikan kegiatan ini sebagai momentum demi meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” paparnya.

Kepada tim penilai, Wali Kota berharap agar dapat melakukan pembinaan dan evaluasi dalam rangka perbaikan serta peningkatan kinerja aparatur Kecamatan Siantar Martoba dan seluruh kecamatan di Siantar.

Sebelumnya Tim Penilai Kecamatan Terbaik Provinsi Sumatera Utara  mendengarkan ekspos yang disampaikan Camat Siantar Martoba, Arri S Sembiring dan Ekspos Ketua TP PKK Siantar Martoba, Sari Dewi Arri S Sembiring.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penilai Kecamatan Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Jumsadi Damanik mengatakan, ini merupakan agenda rutin Pemprovsu untuk melakukan penilaian terhadap Kecamatan terbaik se Sumatera Utara untuk dijadikan nominasi di tingkat nasional mewakili Pemprovsu.

Menurutnya, tim telah melakukan penilaian terhadap 33 Kecamatan di 33 Kabupaten/Kota di Sumut, di antaranya yang masuk nominasi adalah 6 Kecamatan termasuk Siantar adalah Kecamatan Siantar Martoba.

Jumsadi Damanik juga menjelaskan, kriterianya adalah pelayanan publik, apalagi pusat sudah menggalakkan pelayanan terpadu. Selanjutnya dari segi administrasi, pemerintahan, terutama kepemimpinan dan pelayanan kepada masyarakat. Dan yang keluar sebagai kecamatan terbaik nantinya akan diusulkan mengikuti penilaian kecamatan terbaik di tingkat nasional. (rel)