Kades Onanrunggu Abaikan Administrasi Laporan Dana Silpa Tahun 2020

Kepala Desa Onanrunggu, Juni Ferawaty Harianja.

Samosir, Lintangnews.com | Adanya dana Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) tahun 2020 yang terjadi di Desa Onanrunggu, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir patut dipertanyakan.

Hal ini dikatakan salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Onanrunggu, Royan Harianja kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Laporan rekening koran dana Silpa anggaran dana desa ini sebelumnya sudah disurati maupun diberitahukan pada seluruh Desa di Samosir pada bulan Desember tahun 2020 oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) yang dipimpin Amon Sormin.

Kepala Desa (Kades) Onanrunggu, Juni Ferawaty Harianja dikonfirmasi melaui WhatsApp (WA) terkait belum adanya laporan rekening koran dana Silpa Desa ke Dinas PMD, tidak ada memberikan jawaban.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang mengatur agar dana desa yang Silpa harus segera dikembalikan ke kas negara. Selain itu, dana Silpa Desa harus dilaporkan rekening korannya ke Dinas PMD.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Pemkab Samosir, Gomgom Naibaho mengaku, pihaknya belum ada melakukan audit terhadap Silpa dana desa tahun 2020 di Onanrunggu. (Tua)