Kadis Kominfo Samosir Disebut Tidak Tau Tupoksi, Sanggah Berita Lewat Medsos

Pratiksi Media di Samosir, Robin Nainggolan.

Samosir, Lintangnews.com | Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Samosir, Rohani Bakkara dinilai tidak profesional dalam menjalankan tupoksinya sebagai pejabat yang membidangi pers.

Hal itu ditegaskan praktisi media, Robin Nainggolan kepada wartawan, Sabtu (19/6/2021) di Pangururan, menyikapi adanya sanggahan berita di media sosial (medsos), tepatnya akun Facebook Pemerintah Kabupaten Samosir.

Robin yang sudah memiliki sertifikat Uji Kompetensi Waryawan (UKW) dan kesehariannya bertugas meliput pemberitaan di wilayah Kabupaten Samosir, menyarankan Kadis Kominfo agar memberikan hak jawab sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Kalau ada pemberitaan yang dianggap perlu diklarifikasi, silahkan melalui hak jawab ke media bersangkutan,” sebutnya.

Dia menegaskan, sikap seorang Kadis Kominfo dengan membuat sanggahan berita di medsos menunjukkan ketidakmampuan menjalankan tugasnya.

“Kadis Kominfo ini harus lebih banyak belajar tentang pers, sehingga kedepan lebih memahami tupoksi wartawan dan paham tupoksinya,” tegas Robin yang sudah lulus ujian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan nilai memuaskan.

Ditambahkannya, para pelaku media di Samosir jangan takut menulis pemberitaan yang kritis. Ini sepanjang memenuhi kaidah jurnalistik dan sesuai kode etik jurnalistik.

Ia menyesalkan tindakan terburu-buru dan ketidakmampuan Rohani Bakkara yang memposting sanggahan berita di medsos. “Ini sudah keterlaluan, kok Kadis Kominfo tidak paham regulasi tentang pers sesuai UU,” bebernya lagi.

Robin berharap, Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom dengan jargonnya ‘Pro Perubahan’ perlu melakukan evaluasi. “Ini masalah serius, kalau seorang Kadis Kominfo kurang menguasai tupoksinya, perlu evaluasi kedepannya,” tandasnya. (Tua)