Kadis Lingkungan Hidup Toba: Selama Ini TPL Mengikuti Peraturan dan Izin dari Kementerian LHK  

Mintar Manurung menghadiri kegiatan aksi penanaman dan pemeliharaan Pantai Fasifik.

Toba, Lintangnews.com | Isu mengenai pencemaran di wilayah Kabupaten Toba yang dihembuskan sejumlah Lembaga Swadya Masyarakat (LSM) terhadap PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) di jejaring sosial media (ssosmed), sampai saat ini belum dapat dikuatkan dengan bukti dan fakta.

Padahal perusahaan bubur kertas yang beroperasi di Kecamatan Parmaksian ini dalam menjalankan aktivitas operasionalnya berdasarkan Undang-Undang (UU) yang ditetapkan pemerintah dan pengawasan dari pihak eksternal.

Menanggapi isu tentang kebenaran pencemaran lingkungan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Toba, Mintar Manurung mengatakan, secara peraturan perundang-undangan PT TPL selalu mengikuti dan belum ada melakukan pelanggaran.

Bahkan menurutnya, perusahaan itu setiap tahunnya mendapatkan evaluasi dalam hal kegiatan lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Secara peraturan selama ini PT TPL tetap mengikuti peraturan dan izin dari Kementerian LHK, serta ada evaluasi terhadap kegiatan perusahaan,” sebut Mintar, Kamis (24/6/2021) ketika menghadiri kegiatan aksi penanaman dan pemeliharaan pohon di kawasan Pantai Pasific Desa Patane IV Kecamatan Porsea yang digelar PT Yayasan Bona Pasogit Sejahtera (YBS), dan TPL.

Mintar juga mengatakan, pihaknya setiap tahun mendapatakan tembusan laporan, dari hasil kegiatan operasional perusahaan yang berhubungan dengan lingkungan.

Bahkan kegiatan kepedulian lingkungan yang dilakukan PT TPL dalam hal penanaman bibit pohon juga beberapa kali dihadiri Dinas LH Toba.  “Setiap tahun kita mendapatkan tembusan laporan kegiatan perusahaan dan tidak ada masalah,” sebut Mintar.

Untuk aksi penanaman pohon ada beberapa kegiatan lainnya di Toba yang dihadiri dan didampingi, seperti di Pantai Laguboti dan lokasi di pinggir wilayah sungai di daerah itu.

Dalam kegiatan itu Mintar juga menyampaikan, salah satu program lingkungan hidup Pemkab Toba yakni Tarhilala. Diharapkan ini dapat didukung dan diterapkan di lingkungan sekolah serta masyarakat sekitar Toba. (Aldy)