Kadispora Budpar Deli Serdang Buka Seminar Busana Tradisional dan Destar Alam Melayu

Pembukaan Seminar Busana Tradisional Melayu dan Destar Alam Melayu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Kadispora Budpar) Pemkab Deli Serdang, Khoirum Rijal bertempat di Yayasan Pendidikan Sinar Serdang, Kecamatan Pantai Labu membuka Seminar Busana Tradisional Melayu dan Destar Alam Melayu, Jumat (25/12/2020).

Seminar yang digagas Sanggar Tari Hang Tuah Pantai Labu itu dihadiri juga Kepala Desa (Kades) Rantau Panjang, Muhammad Yusni, Tengku Mira Sinar selaku pengiat seni dari Deli Serdang dan Serdang Bedagai, serta Tokoh Budaya Melayu, Rusdi.

Seminar yang mengambil tema ‘Gunakan busana Melayu terbaik dan tidak menggunakan warna kuning’ juga menampilkan narasumber dari Perkumpulan Ahli Seni Tradisional Melayu (Perkasa Alam) yang dipimpin Abu Abdillah Fahmi.

Ketua Panitia, Syafrijal yang juga pengasuh Sanggar Hang Tuah mengatakan, seminar dilakukan tak lepas rasa cinta budaya Melayu yang masih banyak perlu diketahui bagaimana tata cara berbusana Melayu dan memakai Destar (hiasan kepala) alam Melayu.

Sementara itu, Khoirum Rijal mengapresiasi Sanggar Hang Tuah menyelenggarakan seminar itu. Menurutnya, ini membuktikan masih cinta budaya  yang merupakan cerminan dari visi misi Bupati Deli Serdang membangun Deli Serdang yang maju berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan.

“Kita ketahui Rantau Panjang yang dahulunya merupakan pusat Kerajaan, peradaban, ekonomi Melayu di Pantai Labu harus dapat kita lestarikan kembali,” ujarnya.

Abu Abdillah Fahmi memaparkan asal usul Kesultanan Serdang, serta cara mengunakan Tanjak, Tengkulok, Semetar dan Getam.

Pada seminar itu, Tengku Mira Sinar menyerahkan busana Melayu (Teluk Belanga) kepada pengurus Masjid Sultan Basyaruddin Rantau Panjang. Ini diberikan untuk melestarikan sekaligus mensosialisasikan busana Melayu dan memakainya dengan benar agar generasi muda dapat lebih mencintai busana dan budaya Melayu.

“Ada 6 pengurus Masjid yang kami berikan. Ini akan kami berikan untuk pengurus di 3 Masjid lainya, termasuk Masjid di Serdang Bedagai,” tutupnya. (Idris)