Kapoldasu : Desa Bingkat harus Pilot Project ‘Kampung Paten’ untuk Desa Lain

Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman dan Kapolres, AKBP Robin Simatupang menabur benih ikan.

Sergai, Lintangnews.com | Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Martuani Sormin bersama Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman dan Kapolres, AKBP Robin Simatupang meresmikan Kampung Paten Desa Bertuah di Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Kamis (9/7/2020).

Kedatangan Kapoldasu bersama Pangdam  dan rombongan disambut dengan tarian daerah persembahan. Dilanjutkan peninjauan hasil inovasi ketahanan pangan serta hasil pertanian dan peternakan masyarakat Desa Bingkat.

Kabupaten Sergai merupakan pemekaran dari wilayah Deli Serdang dan sudah berusia 15 tahun. Memasuki usia itu Kabupaten Sergai harus mampu tampil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kapoldasu menuturkan, pandemi Covid-19 atau Virus Corona masih berlangsung dan hingga saat ini vaksinnya belum ditemukan. Karena itu masyarakat harus mengikuti instruksi yang diberikan Kepala Desa (Kades), serta mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Saat ini yang berbahaya adalah OTG atau Orang Tanpa Gejala yang memiliki imunitas baik, namun menularkan virus kepada orang yang memiliki imun lemah. Maka dari itu protokol kesehatan harus tetap diterapkan saat menjalankan aktivitas sehari-hari,” ujar Irjen Pol Martuani.

Meski ditengah pandemi, Kapoldasu menuturkan, masyarakat harus tetap produktif agar perekonomian kembali stabil meningkat. Sumber daya alam yang telah ada dirawat dan dijaga, agar masyarakat sejahtera dan tak ada yang kelaparan.

Kapoldasu juga mengucapkan terima kasih maupun apresiasi pada Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, telah berperan aktif dalam membantu menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa Bingkat.

Irjen Pol Martuani juga meminta perangkat desa membantu masyarakat, apabila ada terjadi suatu permasalahan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

“Saya harap Desa Bingkat dapat menjadi pilot project atau contoh bagi Desa lain untuk menciptakan Kampung Paten, sehingga masyarakat di wilayah Sergai semakin sejahtera,” paparnya.

Menurutnya, Desa Bingkat harus menjadi contoh untuk keamanan dan ketertiban. “Kalau ada yang terlibat penyalahgunaan narkotika segera dilaporkan. Harapan saya, Desa Bingkat dapat mengangkat nama Kecamatan Pegajahan, sehingga dikenal masyarakat luas,” harap Kapoldasu. (TS)