Kapoldasu Lepas Kontingen Inkanas Sumut ke Kejurnas

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto bersama Ketua Umum Pengprov Inkanas, Umar Zunaidi Hasibuan saat melepas kontingen mengikuti Kejurnas di Sumbar.

Medan, Lintangnews.com | Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto selaku Ketua Dewan Pembina Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Sumatera Utara melepas kontingen mengikuti Kejurnas di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada tanggal 8-10 Maret 2019.

Turut melepas kontingen Inkanas Sumut, Wakapoldasu, Brigjen Pol Mardiaz Kusin dan Ketua Umum Pengprov Inkanas, Umar Zunaidi Hasibuan yang juga Walikota Tebingtinggi.

Kontingen yang dipimpin manajer tim AKBP Maruli Siahaan dan Wakil Manajer Jintar Simanjuntak itu berkekuatan sebanyak 150 orang atlit dan ofisial dilepas dalam apel di halaman Mapoldasu.

Irjen Pol Agus mengucapkan selamat kepada para karateka yang yang dipilih  mewakili kontingen Sumut. Kapoldasu juga bangga dengan prestasi yang sudah diukir Inkanas Sumut dalam Kejurnas.

“Saya meminta para karateka kembali menunjukkan mental dan semangat untuk menjadi juara dalam Kejurnas Inkanas. Dengan menunjukkan semangat juara bisa kembali menunjukkan prestasi sebagai juara,” kata Kapoldasu.

Dirinya juga meminta para karateka agar menjaga stamina dan kesehatan selama Kejurnas berlangsung.

“Persiapan serius yang sudah dilakukan diharapkan bisa jadi menjadi bekal meraih prestasi dan bisa diperhitungkan dalam Kejurnas, serta sekaligus mampu membawa nama baik Sumut,” sebut Irjen Pol Agus.

Sementara Umar Zunaidi Hasibuan menyatakan berterima kasih kepada Kapoldasu selaku pembina Inkanas yang memberi atensi dan bantuan dalam keberangkatan Inkanas Sumut ke  Kejurnas.

Dirinya juga menegaskan dalam Kejurnas di Sumbar, Inkanas Sumut hanya punya satu tekad yakni menang dan menunjukkan diri sebagai Inkanas terbaik di tanah air. Selain itu tunjukkan sebagai karateka berbudi luhur dan punya sopan santun.

“Datang dengan kontingen besar, kita harus yakin bisa berprestasi. Keikutsertaan di Kejurnas Inkanas selalu menunjukkan prestasi membanggakan, 2 kali pernah menjadi juara umum. Yang terakhir menyabet juara dalam Kejurnas 2013 Bandung,” sebut Umar Zunaidi.

Menjelang Kejurnas, Inkanas Sumut menjaring atlit dari berbagai kejuaraan seperti Piala Kajatisu dan berhasil menjadi juara, maupun lewat sirkuit-sirkuit karate yang dilaksanakan. Dengan persiapan matang yang sudah dilakukan, Inkanas Sumut menargetkan juara umum di Sumbar.

“Kita yakin mampu kembali menyabet gelar juara walau Kejurnas akan diikuti atlit-atlit karate nasional dan berbagai Provinsi diperhitungkan akan menjadi rival seperti Jabar, DKI Jakarta, Sulsel maupun tuan rumah Sumbar. Kejurnas memang event bergengsi dan bagian pembinaan karate nasional diikuti karateka andal, namun kita yakin akan mampu merebut gelar juara dalam tahun ini,” papar Umar Zunaidi.

Wakil Manajer Tim, Jintar Simanjuntak menyebutkan Inkanas Sumut selalu mencatat hasil membanggakan dan dua kali meraih gelar juara umum. Sebanyak 120 karate plus ofisial yang diturunkan dalam Kejurnas merupakan hasil seleksi Kejurda Inkanas 2018 di Batubara, dan disaring lagi melalui sirkuit.

“Para karateka sebelumnya juga sudah menjalani pemusatan latihan di Dojo Sei Deli Medan. Sebelumnya tim karate Inkanas sudah diuji kemampuannya dan mampu menyabet gelar juara umum Piala Kajatisu,” paparnya. (purba)