Kapoldasu Silahturrahmi dengan Tokoh Lintas Agama di Simalungun

TGB Ahmad Sahban Rajagukguk dan Bupati Simalungun JR Saragih saat menyematkan ulos kepada Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto.

Simalungun, Lintangnews.com | Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agus Andrianto bersama sejumlah pejabat di jajaran Poldasu melakukan kunjungan silahturrahmi dengan tokoh lintas agama untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2019 di Simalungun, Kamis (24/1/2019).

Kehadiran Kapoldasu bersama rombongan disambut Bupati Simalungun, JR Saragih dan Wakil Bupati, Amran Sinaga serta pimpinan majelis persulukan Serambi Babussalam Hatonduhan Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk  dan Ephorus GKPS Pdt Rumanja Purba di pondok persulukan Serambi Babussalam Jawa Tongah Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.

Tampak juga hadir dalam penyambutan Kapoldasu itu, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Kapolres Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu, para pejabat di jajaran Pemkab Simalungun dan Polres Simalungun, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta masyarakat.

Usai istirahat sejenak, Kapoldasu melakukan ziara ke Makam Al’arif Billah Asy Syehk Abdurrahman Rajaguguk QS tuan guru pertama Serambi Babussalam Simalungun, dipandu TGB Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk didampingi JR Saragih dan Amran Sinaga.

Selanjutnya diadakan acara doa kebangsaan dan silahturrahmi Kapoldasu dengan TGB Syekh  Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk bersama para murid dan tuan-tuan khalifah persulukan Serambi Babussalam, dalam rangka mewujudkan Pemilu dan Legislatif tahun 2019 yang sejuk, aman dan damai di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Kapoldasu mengapresiasi acara itu. Sebab, maksud awal kedatangannya ke daerah ini hanya ingin ziarah ke Makam Tuan Guru Pertama Serambi Babussalam Simalungun Al’Arif Billah ASY Syekh Abdurrahman Rajagukguk QS dan silaturahmi ke Persulukan Serambi Babussalam itu.

“Acara ini sangat baik, karena awalnya kami hanya ingin ziarah dan silaturahmi, namun acaranya dirangkai dengan doa kebangsaan. Semoga dengan adanya acara ini kerukunan kita semakin erat,” kata Kapoldasu.

Kapoldasu juga mengharapkan dukungan warga Sumut, secara khusus Simalungun agar turut menjaga Kamtibmas serta bersama-sama menggelorakan semangat kesatuan dan persatuan di Sumut, supaya kesatuan anak bangsa terjalin kokoh.

“Untuk itu, mari kita satukan kekuatan membangun negara ini khususnya Sumut. Sebab, kalau kita tidak bersatu, maka akan kalah dengan daerah lain. Mudah-mudahan pertemuan ini jalinan silaturahim kita serta persatuan dan kerukunan tetap terjaga dengan baik,” imbuhnya.

Terkait soal pengamanan Pemilu di Sumut, dia mengatakan, pihaknya mengikuti aturan Mabes Polri, salah satunya melaksanakan Operasi Terpusat Mantab Brata untuk seluruh jajaran Poldasu.

“Kita melibatkan bantuan TNI (pengamanan Pemilu) dan membangun kesiapan warga, ulama dan tokoh agama untuk bersama-sama menjalankan pesta demokrasi yang sebaik-baiknya,” ujarnya sembari mengajak warga untuk beradu program dalam berpolitik.

Sebelumnya, Pimpinan Majelis Persulukan Serambi Babussalam Hatonduhan, TGB Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Kapoldasu beserta rombogan di persulukan yang ia pimpin.

Selanjutnya TGB menyampaikan tentang kebersamaan dan persatuan antara umat beragama. Oleh karenannya pertemuan Kapoldasu dengan jamaah persulukan merupakan sarana untuk mempererat kebersamaan dan persatuan serta kedamaian.

“Kita adalah bersaudara, berbangsa dan bertanah air, mari sama-sama jaga kedamaian, kerukunan dan persatuan kita, sehingga banggsa ini lebih maju. dan kedatangan Kapoldasu ke sini sangat bermanfaat untuk memperkokoh persaudaraan kita,” ujarnya.

Acara tersebut diakhiri dengan penyampaian pernyataan sikap tokoh lintas agama Kabupaten Simalungun dan doa bersama yang dipimpin TGB Syekh Ahmad Sabban El Rahmaniy Rajaguguk. (zai)