Kapolres Simalungun Pimpin Pelatihan Pra Operasi Patuh Toba 2019

Suasana berlangsungnya kegiatan di Aula Andar Siahaan Pematang Raya Kecamatan Raya.

Simalungun, Lintangnews.com | Bertempat di Aula Andar Siahaan di Kecamatan Raya, Selasa (27/8/2019), Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, didampingi Wakapolres, Kompol Bonggas Simarmata pimpin acara pelatihan Pra Operasi Patuh Toba Tahun 2019.

Hadir pada kegiatan itu, Kabag Ops, Kompol SL Widodo, Kabag Sumda, Kompol K Manurung, Kabag Rencana, Kompol Natanael Panjaitan, para Kasat, Kapolsek, Kanit, Kasi dan Bintara yang terlibat dalam operasi tersebut.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan, kegiatan Operasi Patuh Toba 2019 kali ini adalah operasi terpusat yang sifatnya terbuka dilaksanakan selama 14 hari. Ini mulai tanggal 29 Agustus sampai 11 September 2019.

Operasi terpusat itu dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) di wilayah hukum Polres Simalungun. Dalam hal ini Polres Simalungun siap melaksanakan tugas untuk meningkatjan kesadaran. Dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum serta perundang-undangan lalu lintas.

Adapun target Operasi Patuh Toba 2019 yaitu, angkutan umum dan pengendara lalu lintas (lalin) lainnya dengan mengutamakan keselamatan dan dokumen. Juga kelengkapan kendaraan dengan cara penindakan terhadap pelanggar lalin dengan sikap yang humanis dan bermasyarakat.

Usai sambutan dan pembukaan dari Kapolres, dilanjutkan paparan dari Kabag Ops yang menjelaskan tentang rencana dan cara bertindak dalam Operasi Patuh Toba 2019. Termasuk menjelaskan data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2019.

“Setiap pelaporan laka lantas yang korbannya meninggal dunia tolong disampaikan kepada saya dan dibuat analisanya dan faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan,” tutup Kompol Natanael.

Paparan dilanjutkan Kasat Intelkam dan Kasat Lantas. Kegiatan diakhiri dengan mendengarkan masukan dan tanggapan dari peserta Lat Pra Ops, kesimpulan sekaligus penutupan rapat oleh Kapolres.

AKBP Marudut mengharapkan kepada masing-masing Kasatgas Ops Res agar melakukan koordinasi dengan pengemban Satgas Ops Res lainnya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal. Sehingga pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2019 di wilayah Simalungun dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Pasalnya tercatat sesuai data saat ini, jumlah pelanggaran lalin yang terjadi di Simalungun relatulif menurun. (rel/zai)