Kapolres Simalungun Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Perwira dan Brigadir

Kapolres AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat merapikan pangkat salah seorang personil Polres Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolres AKBP Marudut Liberty Panjaitan pimpin upacara korps raport kenaikan pangkat perwira dan brigadir Polri Polres Simalungun TMT 01 Januari 2018 di Lapangan Mapolres Simalungun, Pematang Raya, Jumat (4/1/2019).

Dalam pelaksanaan kali ini, dilaksanakan masih dalam suasana Tahun Baru, sehingga Kapolres bersama keluarga dalam amanatnya mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada segenap personil, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Bhayangkari Polres Simalungun.

“Dan semoga di tahun yang baru ini kita menuju kehidupan yang lebih positif dan semakin maju lagi,” ucap AKBP Marudut Liberty.

Menurutnya, kenaikan pangkat bagi personil Polri tidak lah didapat secara otomatis, namun dengan penuh perjuangan dan melalui tahapan serta penilaian yang dilaksanakan secara objektif, adil dan konsisten sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Namun dengan memperhatikan aspek moral, kepribadian, dedikasi, loyalitas dalam pelaksanaan tugas, prestasi kinerja serta tidak melakukan pelanggaran disiplin maupun melakukan tindakan kriminal.

Kapolres juga menekankan, kenaikan pangkat agar dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi dalam menghadapi dinamika tantangan tugas kedepan, di mana masyarakat saat ini sangat mendambakan sosok Polri yang lebih profesional, mampu memberikan pelayanan yang prima, anti akan kekerasan serta sebagai pelindung, pengayom, penegak hukum dan menjunjung tinggi Hak Azasi Manusia (HAM).

Kapolres AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat menyampaikan amanatnya. 

Dalam usulan kenaikan pangkat periode 1 Januari 2019, ada pun personil yang sudah memenuhi syarat formal untuk diusulkan kenaikan pangkatnya sebanyak 50 orang yang terdiri dari 48 personil pangkat reguler dan 2 personil pangkat pengabdian.

Ini sesuai hasil wanjak yang dilaksanakan Dewan Pertimbangan Karier (DPK) Polres Simalungun dan penelitian oleh Propam Polres Simalungun, maka hanya 46 personil yang dapat diusulkan kenaikan pangkatnya. Sementara 4 personil tidak dapat diusulkan, karena adanya pelanggaran ataupun kode etik.

Ada pun personil Polres Simalungun yang mendapat kenaikan pangkat reguler TMT 01 Januari 2019, dengan perincian dari AKP ke Kompol sebanyak 2 orang, Ipda ke Iptu 3 orang, Aiptu ke Ipda 2 orang, Bripka ke Aipda 9 orang, Brigadir ke Bripka 5 orang, Briptu ke Brigadir 1 orang dan Bripda ke Briptu 21 orang.

Di akhir amanatnya, Kapolres mengajak kepada seluruh personil untuk bergandengan tangan menghadapi beban tugas kedepan, di mana akan dihadapkan dengan puncak pelaksanaan dari Operasi Mantap Brata Toba 2019.

“Untuk itu pelihara dan tingkatkan hubungan kemitraan dengan segenap komponen masyarakat, serta ketanggapan segera terhadap informasi, sehingga dapat dilakukan antisipasi secara dini untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mantap di Simalungun,” sebut Kapolres.

Turut hadir dalam upacara Korps Raport itu, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Simalungun, Tyas Uli Lyberty, Waka Polres, seluruh Kabag, Kasat, Kapolsek, Kanit, Kasi dan Perwira, Bintara, ASN Polres Simalungun, dan pengurus Bhayangkari Cabang Simalungun, serta personil yang naik pangkat. (zai)