Kapolres Tobasa Semangati Mahasiswa asal Papua dengan Ideologi Pancasila

Pertemuan dengan para mahasiswa Papua yang kuliah di IT Del Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Guna menumbuhkan semangat nasionalisme serta peningkatan pemahaman Ideologi Pancasila, Kapolres AKBP Agus Waluyo bersama Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melakukan pertemuan dengan mahasiswa Universitas IT DEL asal Papua, di Restoran Sinar Minang, Balige, Kamis (29/8/2019).

Kapolres mengatakan, adapun maksud dan tujuan kegiatan itu adalah melakukan pendekatan dan mengajak, mahasiswa asal Papua dan Papua Barat, bersama-sama untuk meningkatkan stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Tobasa. Termasuk mencegah terjadinya provokasi dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan konflik sosial berlatar belakang rasisme, etnis dan lainnya.

“Jadikanlah keberagaman di Indonesia untuk saling mencintai dan hidup rukun satu dengan yang lainnya dalam Bhinneka Tunggal Ika. Dengan keberagaman kita untuk menyempurnakan kekurangan satu dengan lainnya agar Ideologi Pancasila dapat kokoh di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terang Kapolres.

Dalam pertemuan itu, mahasiswa asal Papua melakukan acara makan bersama. Selanjutnya bernyanyi bersama melantunkan lagu Batak dengan Kapolres dan PJU Polres Tobasa, dengan suasana yang santai dan penuh rasa persaudaraan.

Sementara menurut mahasiswa yang menimba ilmu di Tobasa, selama mereka kuliah di IT Del, merasa nyaman. Bahkan mahasiswa apabila melaksanakan IBL, mereka menginap di rumah warga di sekitar IT Del. Yang menariknya, para mahasiswa diberi marga oleh warga sekitar yang mereka tempati masing-masing

Ada 9 orang mahasiswa asal Papua di Tobasa yaitu, Otomi Wenda, Dekiles Wenimbo, Dekinus Wendik, Welince Gurik, Elvira Wenda, Premi Yigibalom,Derinus Wandik, Lemi Wenda dan Merinus Kogoya.

Hadir dalam pertemuan itu yakni, Bupati, Darwin Siagian, Ketua DPRD, Boike Pasaribu, Wakil Ketua DPRD, Toni Simanjuntak, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Balige, Jefry Maukar, Rektor IT Del, Bambang dan pengasuh mahasiswa.

Selanjutnya, Waka Polres, Kompol J Butar-Butar, Sekda, Audy Murphy Sitorus, para Asisten, Kasat Intelkam, AKP Antoni Rajagukguk, Kasat Binmas, AKP Harry Sugiharto, Kapolsek Balige, AKP JP Aruan, Kanit I Sat Intelkam, Ipda Jon Lister Siahaan dan para personil Polres Tobasa.

Kemudian, perwakilan Rektor IT Del, mahasiswa IT DEL berjumlah 9 orang, Fakultas IT Del Laguboti yang berasal dari Kabupaten Tolikara Provinsi Papua dengan program studi Teknik Informatika.(asri)