Karang Taruna Bandar Gotong Royong Bersihkan Umbul di Pematang Kerasaan

Ketua Karang Taruna Kecamatan Bandar, Ardiansyah, Sekjen Karang Taruna Simalungun, Suyadi, Pangulu Nagori Pematang Kerasaan, Kamiran serta sejumlah pengurus usai bergotong royong.

Simalungun, Lintangnews.com | Pangulu Pematang Kerasaan Kamiran bersama Karang Taruna Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun melakukan kegiatan gotong royong membersihkan areal mata air (umbul) di Nagori itu, Jumat (11/1/2019).

Kegiatan gotong royong juga turut dihadiri Ketua Karang Taruna Bandar, Ardiansyah, Sekretaris, Surya Darma Sihombing, serta Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Suyadi, Wakil Ketua Karang Taruna, Wendi Rambe serta pengurus Karang Taruna Bandar dan Nagori Pematang Kerasaan.

Kamiran mengatakan, pembersihan areal itu merupakan salah satu langkah awal untuk menjadikan lokasi umbul menjadi tempat objek wisata andalan Nagori Pematang Kerasaan.

“Rencananya areal menjadi objek wisata sudah kesepakatan dengan Maujana Nagori, tokoh masyarakat  dan warga. Areal umbul menjadi tempat objek wisata akan ditarget terealisasi dalam tahun 2019 ini juga dan akan dijadikan Badan Usaha Milik Nagori (BUMNag),” ucapnya.

Sedangkan Ardiansyah mendukung progaram rencana areal umbul dijadikan objek wisata oleh pemerintah Nagori Pematang Kerasaan. Lanjutnya, Karang Taruna Kecamatan juga mengintruksikan Karang Taruna Pematang Kerasaan untuk selalu ikut mendukung program tersebut.

Untuk diketahui, sesuai informasi dari warga, lokasi areal umbul memiliki nilai jual yang unik menarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Pasalnya di sekitar areal ada situs peninggalan sejarah yakni tugu Ompung Sihotang yang merupakan penguasa lokasi tersebut di masa hidupnya. Ompung Sihotang juga termasuk orang yang sakti.

Berikutnya, aliran air umbul lain dari aliran air sungai yang ada pada umumnya di Simalungun Hataran. Di mana airnya biasanya aliran Sungai Bah Bolon turun mengikuti arah Perdagangan yang daerah lebih rendah, namun air umbul justru berlawanan arah.

Sementara Suyadi mengapresiasi pengurus Karang Tarun Bandar yang sudah turut andil bekerja sama dengan pemerintahan Nagori, dalam membuka objek wisata umbul sebagai program Nagori.

“Hal seperti inilah yang seharusnya dilakukan kader Karang Taruna yakni, dapat menjadi mitra langsung pemerintah dalam mendorong dan mendukung semua program pembangunan yang dilakukan pemerintah,” ucapnya. (zai)